Jumat, 17 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Abdel Haqqi, Siswa MAS PIAR, Juara 1 Lomba Kaligrafi Tingkat Sumbar

Abdel Haqqi, Siswa MAS PIAR, Juara 1 Lomba Kaligrafi Tingkat Sumbar

Abdel Haqqi, siswa MAS Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, berhasil meraih juara 1 pada lomba kaligrafi tingkat Sumatera Barat (Sumbar).

Lomba tersebut digelar di Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dalam rangka memperingati dies natalis ke-57, Rabu (15/11/2023).

“Pemenangnya diumumkan pada Rabu (27/11/2023) kemarin. Alhamdulillah, (ana) saya berhasil juara 1. Lomba ini diikuti sekitar 40 siswa dari berbagai SMA sederajat se-Sumbar,” ujarnya.

Abdel yang merupakan siswa kelas XII Jurusan Keagamaan MAS PIAR dan hafiz Alquran 10 juz itu, persisnya menang lomba pada salah satu cabang kaligrafi, yaitu hiasan mushaf.

Pada cabang tersebut, ia membuat salah satu ayat Alquran dilengkapi ornamen kaligrafi di sebuah kertas karton dengan menggunakan kalam dan cat akrilik.

“Waktu lombanya sekitar empat jam. Ini menantang sekali. Karena biasanya, untuk lomba serupa, waktunya harusnya delapan jam. Alhamdulillah, ana bisa menyelesaikannya dengan baik,” sampainya.

Anak sulung dua bersaudara dari Ayah Emil Naf’an dan Ibu Leni Nurman ini memang gandrung dengan seni lukis sejak kecil.

Setelah masuk MAS PIAR, ia tertarik untuk mendalami seni kaligrafi yang merupakan salah satu seni lukis dalam Islam.

Ia pun berterima kasih atas dukungan guru dan orang tua sehingga dirinya bisa berprestasi.

Sekedar informasi, untuk mendalami seni lukis ini, ia belajar setiap Minggu di Dar el-Qolam, sebuah tempat les kaligrafi, di Kuranji Padang.

“Ana biasa dijemput dan diantar orang tua untuk mengikuti les tersebut. Selain itu, ana juga melakukan latihan secara mandiri selama 20 menit sehari,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Abdel juga pernah meraih juara pada sejumlah lomba kaligrafi, baik tingkat daerah, provinsi, dan Sumatera.

Sebelumnya, pada awal November lalu, ia juga berhasil meraih juara 3 pada lomba kaligrafi tingkat Sumatera yang diselenggarakan oleh UIN Imam Bonjol Padang. [fru]