Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Oleh IKM-IKK FK USK

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Oleh IKM-IKK FK USK

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas di Fakultas Kedokteran USK telah mengadakan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dalam rangka Pekan Kesehatan Sekolah Vol 2. Kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan masyarakat dari IKM-IKK FK USK dan dilaksanakan di SMA Laboratorium Unsyiah.

Sebanyak 60 siswa perwakilan dari kelas X dan XI bersama dengan guru hadir untuk mengikuti pelatihan tersebut. Tim pelatih yang terdiri dari sekitar 20 anggota memberikan pemahaman tentang Bantuan Hidup Dasar, sambil mengadakan game dan hadiah menarik.

Dokter tim ahli juga turut serta dalam kegiatan ini.Sekolah sangat gembira dan bangga karena salah satu pendamping dalam pelatihan adalah alumni SMA Laboratorium Unsyiah, Shofiya Assyifa, yang merupakan salah satu lulusan terbaik SMA Laboratorium Unsyiah tahun 2019 yang sekaramg menjdi dokter. Shofiya dan timnya menjadi fasilitator langsung bagi siswa labschool dalam simulasi penanganan kasus pingsan dan tersedak. Hal ini sangat penting sebagai bagian dari pendidikan kesehatan dasar bagi siswa, agar mereka memiliki keterampilan pertolongan pertama yang diperlukan saat dibutuhkan.

Siswa merasa senang karena dapat langsung berlatih menolong orang yang pingsan pada manekin, serta merasakan tekanan saat melakukan CPR, yang memberikan pengalaman luar biasa bagi mereka. Harapan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi siswa dan mendorong motivasi mereka untuk mengeksplorasi profesi kedokteran sebagai salah satu impian mereka.