Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

FILNANDA YUDA PRAWIRA KETUA OSIS MAN 1 GRESIK PERIODE 2022-2023 DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA UNAIR MELALUI JALUR GOLDEN TIKET

FILNANDA YUDA PRAWIRA KETUA OSIS MAN 1 GRESIK PERIODE 2022-2023 DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA UNAIR MELALUI JALUR GOLDEN TIKET

FILNANDA YUDA PRAWIRA KETUA OSIS MAN 1 GRESIK PERIODE 2022-2023 DITERIMA SEBAGAI MAHASISWA UNAIR MELALUI JALUR GOLDEN TIKET

Belum lulus sebagai siswa madrasah, Ketua OSIS MAN 1 Gresik periode 2022—2023 mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa. Yuda atau yang memiliki nama lengkap Filnanda Yudha Prawira berhasil diterima di Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur golden tiket. Dia berhasil terpilih menjadi salah satu siswa yang akan menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga pada tahun ajaran 2024-2025.

Jalur golden tiket merupakan jalur khusus yang dibuka oleh Unair. Jalur ini merupakan jalur favorit bagi siswa SMA/SMK/MA yang ingin masuk PTN tanpa tes. Siswa yang diperkenankan mendaftar jalur golden tiket pun harus memenuhi beberapa kriteria. Selain memiliiki berbagai sertifikat atas prestasi yang diraih, pendaftar jalur golden tiket juga berdasarkan keaktifan dalam organisasi seperti OSIS di sekolah maupun madrasahnya masing-masing.

Dalam tahapan seleksi untuk mendapatkan golden tiket, MAN 1 Gresik mulanya meloloskan tiga siswa. Kemudian setelah tiga siswa yang lolos melengkapi berkas dan mengikuti seleksi wawancara, Filnanda Yuda Prawira yang dinyakatan berhak mendapatkan golden tiket masuk Universitas Airlangga tanpa tes. Penyerahan golden tiket diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak. di Aula Garuda Mukti, Unair Kampus C Surabaya pada Kamis, 20 Maret 2024.

Keberhasilan Filnanda Yuda Prawira lolos seleksi melalui golden tiket masuk Universitas Airlangga menjadi sebuah catatan istimewa bagi madrasah. Pasalnya tiga tahun berturut-turut MAN 1 Gresik selalu meloloskan siswanya ke Univeristas Airlangga melalui jalur golden tiket. Pada tahun sebelumnya MAN 1 Gresik mengantarkan Ibrahim AL Khowas lolos melalui golden tiket. Bahkan saat ini Ibrahim Al Khowas terpilih sebagai salah satu Mawapres Unair tahun 2024.

Berdasarkan data yang dhimpun oleh Timpres, MAN 1 Gresik menjadi satu-satunya madrasah yang berada di wilayah utara Provinsi Jawa Timur yang sukses meloloskan siswanya melalui golden tiket. Selain MAN 1 Gresik terdapat siswa dari MAN 2 Kota Malang, MAN 2 Kediri, MAN 1 Jombang, MAN 3 Jombang, dan MAN Kota Surabaya.

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. Muhari, M.Pd.I yang mendampingi langsung penyerahan golden tiket, menyatakan bangga atas keberhasilan yang diraih oleh Filnanda Yuda Prawira. Keberhasilan ini tentu menunjukkan salah satu indikator keberhasilan pembinaan peserta didik di MAN 1 Gresik. Selain itu keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi antara seluruh pemangku kebijakan di MAN 1 Gresik. kesuksesan Filnanda Yuda Prawira juga menjadi contoh kongkret bahwa aktif di organisasi bukan sebuah alasan untuk tidak berprestasi. Namun organisasi sebagai tempat untuk mengasah kompetensi untuk masa depan yang lebih gemilang.