Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Hadiri Rapat Dewan Pengawas PK-Badan Layanan Umum

Rektor Hadiri Rapat Dewan Pengawas PK-Badan Layanan Umum

Banjarbaru – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang diinisiasi oleh Rektor ULM melaksanakan Forum Grup Discussion (FGD) Koordinasi Rapat Dewan Pengawas PK-Badan Layanan Umum pada Sabtu (16/3/2024). Acara yang bertempat di Hotel Grand Qin ini dihadiri oleh Dr. Iwan Syahril, Ph.D selaku Ketua Dewan Pengawas BLU ULM, Assoc Prof. Dr. Agung Haryono, S.E., M.P. A.k, dan Syafriadi, S.E., M.EC., Ph.D selaku Anggota Dewan Pengawas BLU ULM, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Ketua UPA, dan Pejabat di lingkungan ULM.

Badan Layanan Umum adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat.

Dalam rapat Dewan Pengawas PK-Badan Layanan Umum disebutkan, ULM berhasil meraih peringkat 1 nasional penyerapan Anggaran sampai bulan maret 2024. Hal ini semakin membuat Rektor percaya bahwa ULM mampu mengemban amanah dan tanggung jawab dalam hal pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien.

Terlebih, Cita-cita Rektor ULM untuk membawa ULM menjadi Universitas berkelas dunia semakin tinggi. Meskipun hal ini masih dirasa berat, namun Rektor mengupayakan dengan segala kebijakan-kebjijakan yang diterapkan yang mengarah pada pedoman sesuai dengan yang diinginkan untuk bisa menuju World Class University. Menurut pengakuan Rektor, Prodi bahkan juga didorong dengan berbagai kebijakan untuk berkontribusi dalam pencapaian ULM sebagai World Class University.

“Selama satu tahun ini melalui kebijakan di Lembaga penelitian dan Pengabdia Masyarakat, seluruh dosen wajib melakukan publikasi dan ULm wajib menyediakan anggaran bagi setiap kepala yakni dosen di ULM untuk membantu kegiatan-kegiatan publikasi” Ucapnya

Beliau menambahkan perbaikan selalu dilakukan demi bisa mewujudkan pencapaian maksimal. Hal ini bisa terlihat dari pencapaian ULM pada sinta yang mana ULM berhasil masuk pada urutan ke 26 dan pencapaian yang diraih oleh prodi keperawtan ULM yang masuk dalam prodi terbaik ke 22 nasional.

“Saya pikir ini merupakan modal ULM untuk dirawat dan dikembangkan menjadi akrediatasi unggul dan internasional” Tambahnya