Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

KUBI UAD selenggarakan Seminar Kewirausahaan

KUBI UAD selenggarakan Seminar Kewirausahaan

KUBI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan seminar kewirausahaan (Dok. Istimewa)

Kantor Urusan Bisnis dan Investasi (KUBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan tema “Gen Z Preneur: Mindset and Skill Set for Success” pada Rabu, 6 Maret 2024 di Kampus II UAD dan diikuti lebih dari 230 peserta baik dari UAD maupun umum. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Serikat Usaha Muhammadiyah (SUMU) dengan menampilkan narasumber M. Alfatih Timur sebagai co-founder Kitabisa.com dan Ghufron Mustaqim sebagai co-founder Evermos, dengan moderator Beni Suhendra Winarso selaku Kepala Bidang Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis KUBI UAD.

Kegiatan dibuka oleh Rektor UAD Prof. Dr. Muchlas, M.T. Ia menyampaikan harapan bahwa seluruh pembicaraan diorientasikan pada karakter mahasiswa sebagai generasi Z yang lahir pada era digitalisasi. Peserta yang hampir seluruhnya adalah mahasiswa seharusnya memiliki pola pikir sukses bukan hanya lulus kuliah tetapi juga memiliki jiwa mandiri dan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Pada kesempatan pertama, Ghufron Mustaqim menyampaikan ada dua kunci hidup mulia yakni pertama memiliki keyakinan terhadap Allah Swt. dan kemampuan diri sendiri. Kedua, memiliki rasa prihatin dan mau bersusah payah. Sementara pembicara selanjutnya, M. Alfatih Timur atau biasa di panggil Timmy mengatakan bahwa banyak perusahaan yang pada awal berdirinya melakukan kesalahan, tetapi seiring dengan berjalannya waktu mereka melakukan evaluasi, perbaikan, dan pengembangan sehingga menjadi perusahaan besar seperti saat ini.

Berkaca dari dua hal tersebut maka sebaiknya dalam memulai sesuatu itu dari hal-hal kecil terlebih dahulu, termasuk ketika memulai usaha jangan terlalu berpikir akan risiko dan kegagalan. Berfokus pada proses, evaluasi, dan pengembangan.

Kegiatan seminar ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan semangat kepada para peserta mengenai membangun jiwa kewirausahaan sehingga akan muncul semangat kemandirian dan membantu orang lain dalam meningkatkan kemanfaatan bagi umat. (doc)

uad.ac.id