Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

IAIN FM Papua Gelar Sosialisasi TKDN dan Perpajakan

IAIN FM Papua Gelar Sosialisasi TKDN dan Perpajakan

(iainfmpapua.ac.id) – Pokja Keuangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Sosialisasi Perekaman Informasi Tingkat Komponen dalam Negeri (TKDN) dan Perpajakan di aula rektorat, 12 Juni 2024. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa para ASN wajib memiliki pengetahuan dan keilmuan terkait perpajakan dan komponen dalam negeri.

“Adanya sosialisasi ini juga mengantarkan pemahaman kita untuk semakin mengutamakan penggunaan produk dalam negeri dalam aktifitas sebuah lembaga,” tambahnya. Rektor mengajak seluruh peserta yang hadir untuk berkomitmen mencintai produk dalam negeri guna meminimalisir produk impor dan meningkatkan perekonomian negara.

Sebelumnya, Kepala Biro AUAK IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Basman, M.Ag mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada ASN tentang komponen dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa. “Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait perpajakan dan pembayarannya dalam program-program kerja instansi,” ujarnya. Menurutnya, tidak semua ASN di berbagai lembaga pemerintah memahami masalah perpajakan dan TKDN dalam pengadaan barang dan jasa. “Termasuk adanya pembaharuan peraturan yang harus diikuti,” ungkapnya. Ia menyebut, pelaksanaan kegiatan ini juga didorong adanya undang-undang pengadaan barang dan jasa yang mewajibkan setiap instansi untuk mempertimbangkan komponen dalam negeri saat melakukan pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 12-13 Juni ini menghadirkan pemateri dari KPPN Jayapura, Kanwil Pajak Provinsi Papua dan BPKP Provinsi Papua. Sosialisasi ini diikuti 30 peserta yang berasal dari IAIN Fattahul Muluk Papua, KPPN jayapura, STAKPN Burere Sentani dan Balai Diklat Keagamaan Provinsi Papua. (Za/Is/Her/)