Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Selesai Ikut Program MBKM Wirausaha Merdeka, Mahasiswa UNJA Berhasil Kembangkan Usaha Pupuk Dari Kotoran Domba Dan Perkutut

Selesai Ikut Program MBKM Wirausaha Merdeka, Mahasiswa UNJA Berhasil Kembangkan Usaha Pupuk Dari Kotoran Domba Dan Perkutut

Pewarta: Silvia Yuliansari
Foto: ist*

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo,- Zulfan Egi Pradani, merupakan salah satu mahasiswa Universitas Jambi (UNJA)yang mengikuti program Wirausaha Merdeka ke-2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) University pada 3 Agustus-3 Desember 2023.

Wirausaha Merdeka adalah salah satu Program Kampus Merdeka di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan para mahasiswa untuk berdaya melalui pengalaman wirausaha.

Zulfan Egi Pradani sangat tertarik mengikuti program Wirausaha Merdeka ini karena ingin mengembangkan minat dalam berwirausaha serta dapat memperluas relasi dalam dunia bisnis, ia sempat ingin mendaftar di tahun pertama namun belum memenuhi persyaratan dan akhirnya bisa lolos dan bergabung dengan 490 mahasiswa lainnya pada Program Wirausaha Merdeka ke-2 di IPB University.

Pada Program Wirausaha Merdeka IPB University, Zulfan di beri pengarahan tentang pengembangan bisnis secara teori dan praktek yang disusun dalam 3 tahapan capaian pembelajaran yaitu Pre Immersion, Immersion dan Post Immersion.

“Bangga dan senang rasanya bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran di kampus IPB university dengan dosen dan praktisi yang kompeten dibidang bisnis, tidak hanya itu saja saya juga di beri fasilitas untuk demoday dan expo agar dapat memperkenalkan produk yang saya buat pada saat program.” ungkap Zulfan Egi Pradani.

Pada Program Wirausaha Merdeka ke-2 IPB University, Zulfan ditempatkan di perusahaan peternakan domba dan burung perkutut sehingga ia berhasil membuat produk inovasi dari pupuk kandang yang berbahan dasar limbah kotoran domba dan burung perkutut, serta pupuk organik slow release yang diproduksinya.

“Saya berharap bisa mengembangkan bisnis yang di rencanakan pada saat program Wirausaha Merdeka serta dapat menjadi salah satu yang membuka lapangan pekerjaan bagi para fresh graduate agar dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.” harap Zulfan Egi Pradani .

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd. turut menceritakan benefit yang didapat dari program Wirausaha Merdeka yang diikuti Zulfan.

“Tentunya program wirausaha mahasiswa ini sangat positif karena merupakan program MBKM Nasional, selain mendapatkan hak konversi sampai dengan 20 SKS, tentu melalui kegiatan kewirausahaan bersama tim IPB tersebut juga turut menambah pengetahuan dan soft skill kewirausahaan mahasiswa. Terlihat, saat ini Zulfan telah mampu mengembangkan usaha secara mandiri dibidang pengelolaan pupuk pertanian, harapannya di tahun ini akan semakin banyak mahasiswa dari prodi Pendidikan Ekonomi yang dapat lolos dalam berbagai program MBKM termasuk Program Wirausaha Merdeka.” tutup Nurmala Sari.