Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Ikuti MSIB dan PMM di Jakarta, Ridho Belajar Kerja Cepat dan Bertahan Hidup di Ibu Kota

Ikuti MSIB dan PMM di Jakarta, Ridho Belajar Kerja Cepat dan Bertahan Hidup di Ibu Kota

Pewarta: Silvia Yuliansari / Mutia H.B.
Foto: ist*

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo-, Ridho Syahputra Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Jambi (UNJA) berkesempatan memperluas wawasan dan mendapatkan pengalaman yang berharga melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) .

Ridho Syahputra mendapat kesempatan untuk menjalani Program MSIB Batch 5 di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Jakarta selama 5 bulan mulai 14 Agustus hingga 31 Desember 2023, dan Program PMM 4 INBOUND di Universitas Indonesia (UI) selama 5 bulan mulai dari 1 Februari hingga 9 Juni 2024.

Ridho Menceritakan tujuan awalnya mengikuti program MSIB ini ingin menantang diri sendiri dengan bersaing secara nasional, dan ia bersyukur dapat menjadi salah satu dari 90 mahasiswa yang diterima dari ribuan pendaftar. Ia mengatakan motivasinya mengikuti program PMM di Universitas Indonesia adalah karena ia melihat kesempatan untuk belajar akademik yang sebelumnya ia dapatkan melalui magang merdeka.

“Selama saya Mengikuti Program MSIB dan PMM, Selama hampir satu tahun hidup di perantauan di Ibukota Jakarta, saya banyak belajar salah satunya cara bertahan hidup, dan berkembang di lingkungan baru, saat saya menjalani magang di kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak, saya banyak belajar menyelesaikan masalah dengan cepat, cerdas, dan sistematis melalui banyak diskusi dengan para senior, Selain itu pengalaman saya Mengikuti PMM di Universitas Indonesia membuka mata saya terhadap dunia akademik,”ujarnya.

Faradina Zevaya, M.E., selaku Dosen Pembimbing Program MBKM menyampaikan bahwa Ridho merupakan mahasiswa yang aktif baik didalam maupun luar kelas.

“Ridho, seorang mahasiswa yang dikenal sebagai individu yang sangat aktif dengan kemampuan akademik yang sangat baik, sangat bangga ia bisa mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka di salah satu Universitas bergengsi yakni Universitas Indonesia, Semoga Ridho sukses di masa depan dan dapat memanfaatkan ilmu dan pengalamannya untuk kebaikan dimasyarakat,”tutupnya.