Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Pantau Pelaksanaan UTBK SMM PTN-Barat 2024

Rektor Pantau Pelaksanaan UTBK SMM PTN-Barat 2024

Pewarta: Silvia Yuliansari
Foto: Silvia Yuliansari

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo- Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) 2024 resmi dimulai hari ini pelaksanaan ujian diadakan di berbagai lokasi seperti Lab Komputer yang ada di UNJA Mendalo, Lab FKIK Kampus Buluran dan Lab Bahasa serta Lab LPTIK Telanaipura.

Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Helmi, S.H.,M.H melakukan pemantauan pelaksanaan ujian secara langsung di Lab. ICT Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UNJA Buluran, kemudian dilanjutkan ke Lab. UPT Bahasa 1 & 2 dan Lab. LPTIK 3 di UNJA Telanaipura, pada Kamis (27/6/24).

Rektor menyampaikan harapannya agar UTBK berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas.

“Alhamdulillah pagi ini kita melaksanakan tes jalur mandiri di UNJA, setelah dibeberapa tempat yang saya kunjungi seperti Lab FKIK, UPT Bahasa dan Lab LPTIK Pascsarjana semua proses berjalan dengan lancar tidak ada keluhan, fasilitas berjalan lancar, kemudian saya sempat bertanya ke beberapa peserta ternyata tidak ada kendala, baik itu kendala fisik maupun jaringan, baik itu kecepatan jaringannya tidak ada kendala,”ujar Rektor.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua panitia pelaksana karena pada hari ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian.

“Kita berharap mendapatkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas, dan pada saat ini jumlah peserta yang ikut sebanyak 2965 orang dari 66 program studi yang kita ikut sertakan,”tambah Rektor.

Salah satu orang tua peserta ujian SMM PTN-Barat Mega Afrida Manurung yang berasal dari Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan bahwa perjalanan jauh yang ditempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda 2 yang memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan tidak menyurutkan semangatnya untuk mengantar putrinya ikut seleksi SMM PTN-Barat di UNJA ini.

“Lelahnya terbayarkan karena saya dan anak saya jarang sekali ke kota tetapi sesampai disini karena kami tidak tahu seperti apa UNJA itu, kami bertanya kepada petugas disini, semua ramah, melayani pertanyaan kami dengan baik kemudian petugas mengantarkan kami ke depan ruangan tempat anak saya ujian, dan saya melihat fasilitas disini sangat baik, dan saya berharap anak saya bisa diterima disini,”ungkap Mega Afrida Manurung.

Dasar perhitungan ketatnya persaingan didasarkan pada perbandingan antara jumlah pendaftar dan daya tampung yang tersedia di setiap Prodi. Misalnya, pada Prodi Teknik Pertambangan, dengan daya tampung sebanyak 18 dan jumlah pendaftar mencapai 527, rasio persaingan menunjukkan bahwa setiap 1 daya tampung diperebutkan sekitar 29 orang peserta.

Para calon mahasiswa yang nantinya berhasil lolos SMM PTN-Barat 2024 diharapkan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi. Bagi yang belum berhasil, jangan putus asa, masih banyak kesempatan lain untuk meraih pendidikan yang diinginkan.