Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 5 Pekanbaru gelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun 2022

Bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 5 Pekanbaru gelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun 2022

SMK Negeri 5 Pekanbaru.sch.id- Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah ujian yang wajib diadakan di SMKN 5 Pekanbaru untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI (Kerangka Kualifkasi Nasional Indonesia). Jumlah peserta didik yang mengikuti ujian tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 564 orang yang terdiri dari 10 Jurusan. Pelaksanaan UKK dilakukan pada akhir masa studi peserta didik. Penyelenggaranya adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1 SMKN 5 Pekanbaru) dan LSP eksternal yang merupakan mitra INDUKA (Industri/ Dunia Kerja) yang memiliki kapabilitas untuk menguji UKK.

Hasil UKK siswa/siswi kelas XII SMKN 5 Pekanbaru akan dijadikan indikator oleh manajemen dan guru kejuruan melihat ketercapaian standar kompetensi lulusan, dan evaluasi untuk pembelajaran di tahun berikutnya. Selain itu, hasil UKK juga bisa dijadikan bagi mitra industri sebagai dasar untuk melihat kompetensi dan keahlian yang dimiliki oleh alumni SMKN 5 Pekanbaru.

Wakil Kurikulum SMK Negeri 5 Pekanbaru, Azmil, M.Pd menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK di SMK Negeri 5 Pekanbaru teebagi ke dalam 2 kelompok, di antaranya UKK yang dilaksanakan oleh LSP P1 SMK Negeri 5 Pekanbaru dan UKK yang dilaksanakan secara mandiri.

“Alhamdulillah pelaksanaan UKK tahun ini berjalan lancer, walaupun di tengah pandemic covid-19. Sebanyak 564 peserta didik SMK Negeri 5 Pekanbaru mengikuti UKK tahun ini dengan tanpa kendala. Kita sangat berharap peserta didik yang mengikuti UKK dapat memebrikan yang terbaik untuk masa depan yang lebih baik”, Jelas Wakil Kurikulum, Azmil, M.Pd saat memberikan keterangan.

Beberapa peserta didik yang mengikuti kegiatan UKK terlihats angat antusias dan berusaha memberikan hasil terbaik. Salah satu peserta UKK dari jurusan Teknik Pemesinan, Defri Juliadi menyampaikan bahwa pelaksanaan UKK tahun ini sedikit mendebarkan.

“UKK tahun ini kita dihadapkan dengan UKK menggunakan LSP P1 SMK Neeri 5 Pekanbaru, yang menurut kami menjadi tantangan tersendiri untuk menyelesaikan tugas dan soal dari penguji. Alhamdulillahs ampai hari ini kami melaksakan UKK berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Dari beberapa sesi kwan kwan yang mengikuti UKK dapat menyelesaikan tugas dari penguji dengan baikd an tanpa kendala”, Jelas Defri Juliadi saat memberikan keterangan.