Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Sambut PLP-LN Gelombang II, Undiksha Perkuat Sinergi dengan Sekolah

Sambut PLP-LN Gelombang II, Undiksha Perkuat Sinergi dengan Sekolah

Singaraja-Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mempersiapkan pelaksanaan Pratik Lapangan Persekolahan bagi Mahasiswa Luar Negeri (PLP-LN) gelombang II tahun 2022. Salah satunya dengan memantapkan sinergi bersama sejumlah sekolah di Kabupaten Buleleng. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan di Ruang Ganesha III Rektorat Undiksha, Jumat (20/5/2022).

Terdapat 25 sekolah yang diajak bekerjasama oleh Undiksha, terdiri atas jenjang Sekolah Dasar sampai jenjang SMA/SMK. Sekolah tersebut sebagian besar berada di Kota Singaraja. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I., yang membuka acara pertemuan menyampaikan program PLP-LN akan dimulai pada bulan Agustus 2022. Program tersebut nantinya diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari luar negeri yang bekerjasama dengan Undiksha. “Kita menerima mahasiswa dari mitra yang ingin melakukan praktek mengajarnya di Singaraja melalui Undiksha,” ungkapnya.

Melalui pertemuan ini, Undiksha dan sekolah memantapkan koordinasi dalam mempersiapkan informasi yang dibutuhkan oleh mitra luar negeri, seperti bidang studi yang ditawarkan dan guru yang siap dilibatkan. Rasben Dantes yang didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Undiksha, Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd., meyakini kedatangan mahasiswa luar negeri ke sekolah dapat memberikan dampak positif bagi iklim akademik dan memberikan pengalaman internasional kepada guru dan siswa. Demikian juga bagi para dosen Undiksha yang memberikan pendampingan. “Oleh karena itu kami mengumpulkan seluruh kepala sekolah di lingkungan kota Singaraja, sehingga mereka pun bisa merasakan manfaat kehadiran mahasiswa luar negeri dan Undiksha yang berada di tengah-tengah mereka,” katanya.

Pelaksanaan program ini mendapat respon positif, salah satunya dari Kepala SMKN Bali Mandara, I Wayan Agustiana, S. Pd., M. Pd. Kehadiran mahasiswa luar negeri dinilai sangat membantu meningkatkan kompetensi peserta didiknya, termasuk dalam penguasaan bahasa asing. Pengalaman ini sudah dirasakan pada PLP LN gelombang I. “Di batch I, SMK Bali Mandara sudah kerjasama menerima mahasiswa tersebut di sekolah tetapi secara daring. Ini juga meningkatkan kualitas guru dan anak-anak karena dapat meningkatkan kualitas bahasanya,” terangnya.

Ia menambahkan sekolahnya juga memiliki asrama yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal mahasiswa. Pada gelombang pertama, PLP-LN Undiksha diikuti 30 mahasiswa yang ditempatkan di Sekolah Laboratorium Undiksha, SMA N 1 Singaraja dan SMKN Bali Mandara. Program ini merupakan bagian dari program internationalization at home yang dicanangkan Undiksha pada tahun 2022. Selain menerima, Undiksha juga mengirimkan mahasiswa ke perguruan tinggi mitra di luar negeri untuk mengikuti program yang sama.

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama Undiksha, Drs. I Made Yasa, M.Pd., Kepala Pusat PLP Undiksha, Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si, Kepala Badan Kerjasama dan Kehumasan Undiksha, Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc., Ph.D., didampingi Sekretaris Putu Ayu Prabawati Sudana, S.Pd.,M.Hum. (hms)