Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unhas Gelar Diklat Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan Tiga

Unhas Gelar Diklat Pelatihan Fungsional Perencana Ahli Pertama Angkatan Tiga

Universitas Hasanuddin melalui Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) bekerja sama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Fungsional Perencana (DFPP) Ahli Pertama Angkatan III. Pembukaan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (08/08).

Mengawali kegiatan, Dr. Sultan Suhab, S.E., M.Si., selaku Kepala P2KP Unhas menyebutkan kegiatan DFPP diikuti oleh 23 peserta dari berbagai instansi yang tersebar di wilayah Indonesia, dijadwalkan berlangsung hingga 7 minggu mendatang. Proses pelatihan dilaksanakan secara online dengan dukungan pembelajaran yang telah dipersiapkan. Kurikulum pelatihan disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.

“Pelaksanaan kegiatan berlangsung hingga 23 September dengan durasi 7 pekan atau 35 hari kerja dengan sesi penyajian materi sebanyak 168. Kami mewajibkan para peserta mengirimkan renstra dan RPJMD mereka sebagai bahan bagi para narasumber memberikan contoh kasus sesuai indikator dari masing-masing instansi tempat mereka bekerja,” jelas Sultan.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Guspita, MBA., menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Unhas utamanya P2KP atas komitmen kolaborasi yang selama ini terjalin baik. Secara umum, Guspita mengatakan pelatihan tersebut hadir dengan tujuan memberikan peningkatan kapasitas kepada para perencana ahli pertama.

Guspita mengatakan, P2KP Unhas selama ini merupakan salah satu mitra terbaik yang secara aktif melakukan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Dirinya berharap, Unhas dan Bappenas akan terus bergerak bersama dalam upaya mendorong para SDM di instansi pemerintah untuk berperan dan menjalankan amanah yang diberikan secara optimal.

Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala LP2M Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bappenas yang kurang lebih 30 tahun lamanya telah menjadi mitra Unhas dalam peningkatan kapasitas sumber daya profesional. Dirinya mengungkapkan rasa bangga Unhas atas kepercayaa yang terus diberikan.

“Selama beberapa tahun, Unhas melalui P2KP memperoleh amanah menyelenggarakan berbagai program peningkatan kapasitas sumber daya manusia perencana, baik tingkat nasional maupun regional. Semoga kegiatan ini bisa memberikan informasi terbaru kepada para perencana dalam menjalankan tugas yang diberikan,” jelas Prof. Nasrum.

Setelah pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemberian materi. Pembukaan berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita. (*/mir)

Editor : Supratman