Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Fisioterapi Umsida Edukasi Penyakit Osteoarthritis

Fisioterapi Umsida Edukasi Penyakit Osteoarthritis

Umsida.ac.id – Tim dosen Prodi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan pemeriksaan osteoarthritis untuk perempuan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Manggala Sidoarjo, Minggu (18/9). Kegiatan berlangsung setelah sholat Ashar di Masjid Al-Furqan, Jalan Jendral Sudirman, Sidoarjo.

Kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi kesehatan, pemaparan materi osteoarthritis, cara mengatasi penyakit osteoarthritis agar tetap nyaman saat beribadah, pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, pelayanan fisioterapi pada cek posture, tapping dan konsulatasi fisioterapi).

Mengusung tema Bergerak, Bersinergi untuk Transformasi Kesehatan Negeri, kegiatan ini menjadi kolaborasi antara Organisasi Profesi dan Fisioterapi Umsida dalam memeriahkan Hari Fisioterapi Dunia yang jatuh pada 8 September 2022. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari beberapa rumah sakit se-Sidoarjo, di antaranya RSUD Sidoarjo, RS Delta Surya, RS Mitra Waru, RS Mitra Pondok Tjandra, RS Bhayangkara, RS Anwar Medika dan RS Sidoarjo lainnya.

Ibu-Ibu LPM menjalani pemeriksaan oleh tim dosen Fisioterapi Umsida

Umi Siyamiati SKM MM selaku Ketua Lembaga Persaudaraan Muslim Taman Jenggala Sidoarjo mengatakan, kegiatan ini sangat penting diberikan khususnya bagi para lansia. “Alhamdulilah pengabdian masyarakat dengan tema osteoarthritis sangat bermanfaat sesuai dengan keluhan dengan usia lansia, antusias ibu-ibu sangat luar biasa bisa ketemu langsung dengan fisioterapis untuk konsultasi dan pemeriksaan deteksi osteoarthritis, semoga next ada kegiatan lanjutan,” tuturnya.

Sri Asih selaku Penasehat Lembaga Persaudaraan Muslim Taman Jenggala Sidoarjo mengungkap, ternyata banyak dari peserta yang hadir merasakan penyakit sendi yang satu ini. Ia berharap, nantinya akan ada keberlanjutan kegiatan dengan waktu yang lebih maksimal. “Semoga kegiatan semacam ini ada lanjutanya, tadi waktunya terbatas sebagaimana pengajian biasanya dan ternyata hampir semua yang hadir  punya masalah osteoarthritis Semoga di event lain ada kesempatan yang lebih leluasa,” ujarnya.

Sementara, Widi Arti SFis MKes AIFO selaku Kaprodi Fisioterapi Umsida sekaligus bagian narasumber  mengatakan serangkaian program ini adalah gratis dan sukses diikuti lebih dari 70 orang. “Layanan ini gratis untuk masyarakat umum sebagai bentuk mengenalkan fisioterapi dan mengedukasi tentang osteoarthritis  kepada ibu-ibu LPM Manggala Sidoarjo. Antusias Ibu-ibu sangat luar biasa mengikuti acara ini, melebihi target yang kami rencanakan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Kaprodi Fisioterapi berharap agar kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin tiap tahun dan membawa kebermanfaatan untuk masyarakat di Sidoarjo. “Mohon doanya mudah-mudahan perijinan S1 Prodi Fisioterapi di Umsida bisa segera, sehingga SK perizinan segera Turun tahun ini,” tuturnya.

Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Cabang Sidoarjo Rudi Setiawan Ftr mengimbuhkan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengenalkan Fisioterapi  kepada masyarakat umum. “Proyeksinya, fisioterapi nanti lebih dikenal dan dipahami masyarakat sebagai suatu bentuk profesi yang dalam pelayanannya meliputi preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Harapannya, masyarakat jika mengalami gangguan gerak dan fungsi bisa mencari fisioterapis terdekat,” terangnya.

*Humas Umsida