Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

UII Turut Mendukung Penyelenggaraan Satria Data 2022

UII Turut Mendukung Penyelenggaraan Satria Data 2022

Universitas Islam Indonesia (UII) terpilih menjadi tuan rumah Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2022. Dalam hal ini, Program Studi Statistika UII mengadakan Sosialisasi Satria Data 2022 melalui daring kepada segenap sivitas akademika UII pada Rabu (21/9). Satria Data sendiri merupakan serangkaian kegiatan pengembangan wawasan, pengayaan keterampilan, serta peningkatan softskill yang merupakan kerjasama antar perguruan tinggi dan industri.

Hadir membersamai kegiatan, Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII, Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng. Ia menyampaikan di era sekarang setiap aspek tidak bisa terlepas perihal data. Saat ini data diklaim sebagai sumber yang lebih berharga daripada minyak. Akan tetapi, menurut Beni data yang ada membutuhkan pihak untuk mengolahnya, “itulah data saintis, ajang Satria Data 2022 merupakan pintu untuk mencetak saintis muda nantinya,” buka Beni Suranto di awal.

Dengan dilaksanakannya Satria Data 2022 tentu menurut Beni Suranto sebuah hal positif bagi mahasiswa yang terlibat. “Kegiatan ini tentu dapat membantu pemenuhan talenta di data sains. Selain itu juga diharapkan mampu mendorong daya gedor anak muda dan bangsa dalam kemajuan,” tuturnya. Beni juga memaparkan melalui kesempatan ini, setiap mahasiswa yang terlibat dapat mencetak pengalaman dan tujuan yang jangka panjang. “Harapannya tidak hanya berhenti sampai lomba, tapi lebih dari itu,” lanjutnya.

Sebagai tuan rumah, tentu UII bangga dapat mendukung secara penuh proses kegiatan yang ada. Lebih jauh, dengan adanya kegiatan ini Direktur Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan UII itu berharap setiap mahasiswa dapat mengaktualisasikan diri untuk berkreasi dan berinovasi melalui cabang kompetisi yang ada. 

Sehingga torehan positif tersebut dapat menjadi bekal di masa mendatang. “Teman-teman adalah masa depan peradaban dunia. Banyak aspek yang membutuhkan data. Data saintis merupakan pekerjaan yang seksi, karena sedikit yang mampu sementara banyak yang membutuhkan,” tutupnya.

Sementara itu, Dr. Edy Widodo, S.Si., M.Si. selaku Dosen dan Ketua Jurusan Statistika UII sekaligus Ketua Tim Pelaksana Satria Data 2022 menjelaskan bahwa Satria Data 2022 akan diselenggarakan dari 9 November hingga 3 Desember 2022. Terdapat beberapa kompetisi nasional dan kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh setiap mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada. (KR/ESP)