Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Lima Prodi FPIK Unpad Jalani Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Lima Prodi FPIK Unpad Jalani Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

[Kanal Media Unpad] Lima Program Studi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran menjalani visitasi akreditasi internasional “Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN)” secara daring pada 28 – 30 September 2022.

Lima prodi tersebut, yakni Program Sarjana Ilmu Perikanan, Program Sarjana Ilmu Kelautan, Program Sarjana Perikanan Kampus Pangandaran, Magister Konservasi Laut, dan Magister Ilmu Perikanan.

ASIIN  adalah suatu lembaga akreditasi internasional independen yang berbasis di Jerman yang dibuat untuk menguji kualitas suatu program studi yang bergerak pada bidang ilmu teknik & informatika, ilmu alam, dan matematika.

Universitas dan komunitas bisnis yang tergabung dalam ASIIN bekerja sama untuk mengembangkan standar kualitas yang diakui secara internasional dengan kriteria khusus yang terus dikembangkan dan dikoordinasikan secara internasional.

Visitasi tersebut dilakukan tim Asesor/peers ASIIN yang terdiri dari Prof. Dr. Harry Palm (Marine Parasitology, Professor at University Rostock, Germany), Dr. rer. nat. habil. Sonja Kleinertz (Marine Biology and Ecology, Lecturer at University of Rostock, Germany and long-term DAAD lecturer, IPB Indonesia), Dr. Mochammad Riyanto, S.Pi., M.Si. (Fishing Technology and Fish Behavior IPB, Indonesia) dan Muhammad Syahnan (Mahasiswa IPB, Indonesia), juga hadir Daniel Seegers (Secretariat-ASIIN).

Pembukaan sekaligus sesi bersama rektorat dihadiri oleh Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksana Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD., Direktur Sumber Daya Manusia Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., Ph.D., Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Prof. Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD. Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi, Mutakin, M.Si., Apt., PhD., Kepala Kantor Internasional Ronny, dr., M. Kes., AIFO, PhD., dan Kepala Satuan Penjaminan Mutu Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si.

“Melalui Akreditasi internasional ini kami berharap mampu mengakomodir dan mengakselerasi kualitas institusi kami sebagai gudang keilmuan dalam mendukung visi Unpad sebagai World Class University,” kata Rektor dalam sambutannya.

Dekan FPIK Unpad Dr. Yudi Nurul Ihsan mengatakan bahwa untuk beradaptasi di dunia yang selalu berubah, FPIK Unpad mengubah sistem pendidikan menjadi lebih modern. Hal ini untuk mempersiapkan lulusan masa depan agar memiliki mental internasional dan siap bersaing di era digital 4.0.

“Oleh karena itu, FPIK Unpad mengambil langkah untuk mendapatkan rekognisi internasional termasuk akreditasi internasional,” kata Yudi.

Sementara itu, Kepala Unit Internasionalisasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Fittrie Meyllianawaty Pratiwy, S.Pi., MIL., M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa tim akreditasi fakultas telah melaksanakan berbagai rangkaian persiapan bersama tim task force, para dosen, mahasiswa, alumni, dan mitra dalam upaya memperoleh askreditasi internasional tersebut.

Tim task force yang bertugas merintis penyusunan dokumen dan pelaksanaan pengajuan akreditasi internasional ini dikoordinatori oleh Moch. Candra Wirawan Arief, S.Pi., MIL., M.Sc., Ph.D.

Di akhir kegiatan visitasi, Secretariat ASIIN, Daniel Seegers menyampaikan bahwa hasil penilaian akreditasi ini recananya akan diterima oleh FPIK Unpad pada bulan Desember 2022 setelah perbaikan pada dokumen dan rapat ASIIN Accreditation Commission for Degree Programmes.(rilis)*