Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Hari Peduli Sampah Nasional 2022

Hari Peduli Sampah Nasional 2022

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor: SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB.0/1/2022 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2022, ditetapkan tema Peringatan HPSN Tahun 2022 yaitu, “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun ProKlim”.

Peningkatan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) merupakan salah satu pemicu terjadinya peningkatan suhu bumi yang menyebabkan pemanasan global dan berakibat pada perubahan iklim. Salah satu sumber penghasil GRK adalah dari sektor limbah, termasuk di dalamnya pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), pengelolaan biologi atau komposting, pembakaran terbuka (open burning) dan insinerasi.

Gerakan nasional pengendalian perubahan iklim menjadi sangat penting, salah satunya dengan adanya Program Kampung Iklim (ProKlim) yang menghimpun kegiatan yang dapat mengurangi emisi GRK. Aksi mitigasi iklim melalui pengelolaan sampah akan dikembangkan dengan fokus pada kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat melalui ekonomi sirkular.

ProKlim merupakan program berlingkup nasional, yang dikembangkan oleh Kementerian LHK untuk meningkatkan keterlibatan semua pihak dalam penguatan kapasitas adaptasi dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Kementerian LHK menargetkan terbentuknya Kampung Iklim sejumlah 20.000 lokasi pada tahun 2024. Hingga saat ini telah terbentuk sekitar 3.000 desa Proklim di seluruh Indonesia.

Tahun ini pemerintah bergerak lebih cepat agar pengelolaan sampah juga turut berkontribusi dalam pengurangan emisi GRK dan menjadi pendorong dalam pengendalian dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor limbah.

#hpsn2022 #bangunproklim
#HariPeduliSampahNasional