Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA TAHUN AJARAN 2022/2023

LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Latihan Kepemimpinan Siwa (Laksis) ditujukan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan seperti sikap tanggung jawab, berpikir kritis, berani berpendapat, serta peduli terhadap lingkungan sekolah. Kegiatan Laksis diikuti oleh 58 siswa yang terdiri dari  pengurus OSIS, MPK, dan perwakilan pengurus ekstrakulikuler. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Kana Kaliurang selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu, 19-20 November 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Urs. Kurikulum, Drs. Susilo Eryono pada hari Sabtu, 19 november 2022 kemudian dilanjutkan dengan Materi. Terdapat 4 pokok materi yang terdiri dari:

Materi 1 mengenai Proposal, Laporan, Dokumentasi, dan Perizinan yang disampaikan oleh Drs. Susilo Eryono. Materi ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta dalam penulisan proposal, laporan, dan dokumentasi serta tata cara dalam mengajukan proposal kegiatan.

Materi 2 mengenai Kesiswaan yang disampaikan oleh Drs. Saryadi.

Materi 3 mengenai Pengelolaan Barang Milik Negara oleh Oktiviani Perwita Sari, A.Md., Gunarta, dan Kodiran. Dengan adanya materi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk memelihara fasilitas sekolah dengan pengurus OSIS dan MPK sebagai role model bagi siswa lain dalam menjaga fasilitas sekolah.

Materi 4 mengenai Manajemen Keuangan OSIS dan MPK oleh Fitriana Indri Astuti, S.E. Materi yang disampaikan meliputi pembuatan laporan keuangan, buku kas umum (BKU), dan penjelasan mengenai nota/kwitansi yang dapat dilampirkan dalam laporan keuangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan buku besar OSIS dan MPK kemudian penutupan acara oleh Drs. Susilo Eryono.

-Dina-