Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Olah Ikan Jadi Biskuit, tim FPIK UB Raih Dua Medali

Prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. Kali ini, delegasi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mendapat medali emas dalam ajang kompetisi tingkat internasional, Indonesian Young Scientist Association (IYSA) 2022,  Melalui sebuah Inovasi makanan snack ringan yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat yaitu kukis dari ikan jenis Tilapia. Ajang ini diselenggarakan secara online dan offline pada tanggal 4 November 2022, dan di ikuti oleh berbagai tim dari berbagai wilayah di Indonesia maupun luar negeri.

Tim yang terdiri Rizky Pratama, Gaza Algazali Hakim, Riffaldi Augusta Putra dan Khairunisa Dwi Kurniawati. Inovasi Cookies dari Ikan Tilapia ini memiliki manfaat untuk camilan dengan protein tinggi dengan terbuat dari bahan ikan mujair yang dapat meningkatkan ekonomi perikanan dari budidaya. Dengan dibina oleh dosen dari fakultas yaitu dengan Ibu Febriyani Eka Supriatin, S.Si, M.Si.

Menurut Rizky Pratama, salah satu perwakilan tim, pemilihan ikan tilapia karena kandungan gizinya cukup tinggi. “Ikan ini mengandung protein, iron, kalsium dan lemak yang cukup banyak. Selain itu juga mudah di dapat serta harganya terjangkau sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sekaligus meningkatkan ekonomi pembudidaya”, jelasnya.

Ia juga menambahkan proses pembuatan biscuit ini mirip seperti kukis lainnya. Ïkan yang telah dibersihkan kemudian di rebus dan di pisahkan antara daging dan tulangnya. Kemudian dicampur dengan bahan lain seperti tepung, susu bubuk, baking soda dan tambahan lain serta penambah rasa, dan di oven selama 60 menit sebelum disajikan”, ujar mahasiswa Angkatan 2019 ini.

Inovasi ini dibuat selama satu bulan. Menurut Rizky mengenai kendala dalam membuat sebuah inovasi ini adalah “Kendala kecil kita yaitu diharuskan untuk memperkenalkan produk kita secara detail dengan bahasa asing. Tapi tidak menyangka bisa meraih Gold Medal IYSA dan Semi Grand Award”, pungkasnya.