Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Rutinitas yang Menyenangkan di Skaoneta

 

Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkarakter, berkualitas, berbudaya, berwirausaha, berwawasan lingkungan dan kompetitif (ber5K)

 

Seperti biasa hampir setiap pagi mulai Hari Senin s.d Jumat Saya mempunyai kebiasaan untuk “tatap mata” dengan lingkungan sekitar SMK Negeri 1 Yogyakarta. Sesekali hasil tatap mata itu kita abadikan ke dalam smartphone baik dipotret ataupun di videokan.

 

Nah pagi ini tatap mataku saya awali dengan taman dinding yang ada di halaman depan SMK Negeri 1 Yogyakarta. Di Taman ini ada aneka macam taman hias salah satunya adalah bunga Anggrek di beberapa tempat. Kebetulan pada pagi hari ini Anggrek – Anggrek itu berbunga dengan manisnya maka secara otomatis saya abadikan dengan smartphoneku terus saya jadikan status “nikmat mana yang kau dustakan”? Ayat kauniyah.

 

 

Setelah cukup puas menikmati taman dinding depan, saya pun bergegas ke jembatan kaca yang di dalamnya ada ikan Nila. Saya mengambil gayung untuk mengambil airnya dan saya siramkan ke beberapa tanaman lidah mertua yang ada di sekitar jembatan kaca.

 

Selesai dari jembatan kaca, saya langsung menuju ke tempat parkir siswa. Di sini pun Saya melihat Tandon yang cukup besar sebagai tampungan untuk panen air hujan. Stop krannya saya putar dan secara otomatis mengalirkan air untuk menyirami taman vertikal yang ada di tempat parkir siswa. Dari sini saya turun, kemudian tangkap mata ke tanaman hidroponik yang ada di samping kanan pintu utama. Tidak lupa di gerai Hidroponik ini pun saya abadikan dengan memvideokan untuk dijadikan status “hidroponik Skaoneta”

 

 

Setelah puas di halaman depan saya pun masuk ke ruang utama SMK Negeri 1 Yogyakarta, mulai dari lobi sampai dengan keliling lingkungan yang ada di ruang utama. Di ruang utama ini pun saya abadikan berbagai macam tanaman yang ada di sudut ruangan, baik yang berada di lantai bawah maupun yang di lantai atas.

 

 

 

Ehm … Pandangan saya tertuju pada pohon Sawo / Kecik. Pohon ini usianya sudah puluhan tahun lamanya. Pohon yang besar ini juga ada tanaman yang merambat dengan daun-daun yang lebat, tidak lupa tanaman yang merambat di pohon sawo ya saya abadikan juga dan dijadikan status WAku.

 

 

Ehm .. aneka macam tanaman yang ada di SMK Negeri 1 Yogyakarta ini selain berfungsi sebagai estetika juga menghasilkan udara yang segar. Harapannya siapa yang berada di lingkungan SMK Negeri 1 Yogyakarta akan tetap selalu sehat karena mendapat suplai udara yang cukup segar.

 

Itulah guys aktivitasku hampir setiap pagi untuk selalu menikmati aneka macam tanaman yang ada di SMK Negeri 1 Yogyakarta. So tubuh ini menjadi merasa lebih sehat karena pancaran dari berbagai macam tanaman yang ada di SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Mau sehat ala saya?! Sempatkan setiap saat menikmati ayat-ayat kauniyah sebagai bentuk syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala, nikmat mana yang engkau dustakan??

 

Salam Boslis
Ndobos jadi tulisan

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas Hidup terasa lebih bermakna.

 

Yogyakarta 4 Januari 2023 pukul 07.32 WIB.