Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UiTM Malaysia Kunjungi FIK UM,  Saling Belajar Budaya dan Permainan DodgeBall

Mahasiswa UiTM Malaysia Kunjungi FIK UM,  Saling Belajar Budaya dan Permainan DodgeBall
image_pdf

61 mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia kunjungi Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka mengenal budaya satu sama lain. Kunjungan ini dilakukan selama lima hari, dimulai pada Selasa (17/01) dan ditutup dengan makan malam bersama dan penampilan budaya dari masing-masing negara pada Sabtu (21/01) di Gedung Sasana Krida UM. Para mahasiswa yang berkunjung ditemani oleh salah satu dosen UiTM, Assoc. Prof. Dr. Rezian-na Muhammed Kassim yang juga merupakan salah satu Adjunct Professor di UM.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat UM yang juga bertugas sebagai ketua pelaksana kegiatan, dr.Erianto Fanani, S.Ked., M.KKK., haturkan beribu terima kasih kepada pihak UiTM yang telah mengajarkan permainan dodgeball kepada mahasiswa FIK UM dalam kunjungannya. Pria yang kerap disapa dr.Eri tersebut berharap setelah ini FIK UM dapat menjadi pelopor permainan dodgeball di Indonesia.

“Terima kasih sekali telah datang ke UM, terutama ke FIK. Pesan dari saya, please wait for us to come to UiTM,” ucap dr.Eri disambut tepuk tangan meriah oleh para mahasiswa UiTM.

Sejalan dengan hal tersebut, Dekan FIK UM, Dr. Sapto Adi, M.Kes., turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik dalam menyambut teman-teman dari UiTM. “Dari kegiatan ini kita dapat mengenal lebih dekat tentang budaya satu sama lain. Terima kasih telah berkunjung ke UM,” ungkap Dr. Sapto.

Salah satu mahasiswa UiTM juga turut memberikan pesan dan kesannya selama berkunjung ke UM. Ia bersyukur kepada seluruh tim panitia dan tim medis UM yang senantiasa menemani para mahasiswa UiTM selama di UM. Ia berharap UM dapat meneruskan permainan dodgeball di Indonesia dan dapat menciptakan tim yang cukup kuat untuk bertanding di kancah internasional.

“Banyak yang dapat kami pelajari dari kegiatan ini. Memang adat berjumpa adalah berpisah, semoga kita dapat bertemu di lain waktu,” pungkasnya.

Kegiatan penutupan diakhiri oleh pemberian cenderamata dari masing-masing universitas. Pihak UiTM berikan bola dodgeball sebagai simbol dukungan untuk UM agar dapat terus mengembangkan permainan dodgeball di Indonesia. Di akhir kegiatan, UM berikan MoU (Memorandum of Understanding) antara UM dengan UiTM yang sudah ditandatangani dan menjadi awal dari kolaborasi kedua kampus selama 5 tahun ke depan.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM