Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UMSU Buka Pengajian Rutin Ramadan 1444 H

Rektor UMSU Buka Pengajian Rutin  Ramadan 1444 H

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof. Dr. Agussani, MAP secara langsung membuka pengajian rutin Ramadan 1444 Hijriyah, Senin (27/3) di Masjid Taqwa UMSU Jalan Muchtar Basri No. 3 Medan.

Pengajian ramadan telah dilaksanakan setiap tahun. Mengundang pemateri dari Muhammadiyah yang berkompeten memberikan ceramah dan kajian singkat. Dihadiri civitas akademika hingga mahasiswa UMSU.

Pada minggu pertama, UMSU menghadirkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA sebagai penceramah dengan tema ‘Karakteristik Islam Berkemajuan’.

Rektor UMSU Prof. Agussani, membuka pengajian ramadan dengan basmalah. Pada sambutannya, dia berharap bulan ramadan tidak menjadi penghalang dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

“Pengajian ini telah disusun dengan pemateri-pemateri yang ditentukan tentang kajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang menjadi pokok pembahasan. Mari kita ramaikan pengajian ramadan yang telah dijadwalkan,” ujar Prof. Agussani.

Sebagai bentuk syukur, Rektor UMSU juga melaporkan bahwa Rumah Sakit Muhammadiyah telah berhasil melaksanakan akreditasi dan memperoleh bintang lima.

Sementara itu, Prof. Hasyim dalam ceramah singkatnya mengatakan bahwa organisasi Muhammadiyah identik dengan karakteristik berkemajuan. Oleh karena itu, harus terus mengkaji sampai pada membimbing umat islam dalam kehidupan yang senang dan gembira.

Setidaknya ada 5 karakteristik islam berkemajuan menurut Prof. Hasyim, di antaranya islam yang berlandaskan pada tauhid, berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, menghidupkan Ijtihad dan Tajdid, mengembangkan Wasathiyah dan mewujudkan rahmat bagi seluruh alam.

“Berlaku baiklah dalam segala hal dan memberikan manfaat kepada orang lain. Muhammadiyah ingin memberikan islam berkemajuan yang bermanfaat bagi umat,” tutup Prof. Hasyim.

Pengajian diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh Dekan FAI UMSU Dr. Muhammad Qorib, S.Ag., MA dan Mahasiswa Teknik Regi Ramadan.