Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Vocal Group Pasuma Unisba ‘Anaraly Voice’ Borong Kejuaraan di Ajang Internasional WINACTION 2023

Vocal Group Pasuma Unisba ‘Anaraly Voice’ Borong Kejuaraan di Ajang Internasional WINACTION 2023

KOMHUMAS-Anaraly Voice, salah satu vocal group Paduan Suara Mahasiswa Universitas Islam Bandung (Pasuma Unisba) berhasil mendulang prestasi dengan memborong empat kejuaraan sebagai Juara I, Best Carry, Best Teknik, dan Favorite di ajang Widyatama International Competition (WINACTION) 2023 dalam Kategori Vocal Group yang dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (23-24/6/2023).

Dilansir dari website winaction.widyatama.ac.id, WINACTION 2023 merupakan kompetisi tingkat internasional untuk bidang akademik dan non akademik dengan tujuan membantu program studi di Indonesia meraih prestasi tingkat internasional menuju akreditasi EXCELLENT. Kegiatan ini difokuskan pada level mahasiswa dan bekerjasama dengan 76 perguruan tinggi luar negeri yang tersebar di Malaysia, Jepang, Korea Selatan, China, India, Alabama dan Kanada.

Vocal Group ‘Anaraly Voice’ yang baru dibentuk pada pertengahan tahun 2023 ini, beranggotakan lima orang mahasiswa Unisba, terdiri dari Adinda Nabila Diva Pramestya (Fakultas Hukum Angkatan 2020), Chairunnisa Annasya (Fakultas Syariah – Program Studi Hukum Keluarga Islam angkatan 2020), Alma Syafia (Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2020), Meli Mulyati (Fakultas Tarbiyah & Keguruan Program Studi PG-PAUD angakatan 2022), Raisya Putri Ziad Sakti (Fakultas Hukum Angkatan 2020), dan Ratih Cherati (Fakultas Psikologi Angkatan 2021).

“Anaraly sendiri diambil dari penggabungan nama para anggota yaitu Adin, Aray, Alma, Nasya, Ratih dan Melly,” ungkap ketua Pasuma Unisba, Erlangga Muharam yang mewakili Anarlraly Voice saat diwawancara.

Menurutnya, para anggota Anaraly Voice tidak menyangka bisa memperoleh prestasi ini karena perlombaan ini berbarengan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS). Namun hal tersebut bukan menjadi rintangan, mereka masih bisa menyempatkan diri dalam mempersiapkan dan mengikuti lomba tersebut.

“Untuk mengikuti perlombaan ini bisa dibilang sangat mendadak, sehingga waktu persiapan nya pun singkat kurang lebih hanya 2 minggu. Persiapan lomba pun berbarengan dengan jadwal UAS sehingga sempat mengalami kesulitan mencari jadwal untuk latihan.” Ujarnya.

Berbagai rintangan tak luput dihadapi para anggota Anaraly Voice, terutama selama persiapan berlangsung, seperti menyamakan pendapat, jadwal ujian. Bahkan,  satu hari sebelum Final mereka masih kesulitan mencari kostum yang pas dan sesuai untuk penampilan. “Alhamdulillah dengan penuh keyakinan akhirnya mereka bisa bersama-sama memiliki kekompakan dan keharmonisan yang membuat kesuksesan dibalik perlombaan ini,” tutup Erlangga.***