Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unisba Lakukan Kunjungan ke Korea Selatan

Unisba Lakukan Kunjungan ke Korea Selatan

KOMHUMAS-Dalam rangka meningkatkan kualitas kerjasama dengan mitra luar negeri, mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, serta mewujudkan Visi Unisba sebagai institusi unggul di Asia pada tahun 2030, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Psikologi (Fapsi), Fakultas Komunikasi (Fikom), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Syariah (Fasya) Unisba melakukan kunjungan kegiatan Akademik Internasional ke Korea Selatan pada Senin-Minggu, (10-16/7/2023).

Delegasi akademik yang mewakili Unisba di Korea Selatan antara lain Prof. Dr. Muhardi, SE, M.Si., Dr. Tasya Aspiranti, SE, M.Si., Dr. Sri Suwarsi, SE, M.Si., Dr. Dede R. Oktini, SE., MP., H. Azib Asroi, SE, M.Si., Prof. Dr. Neni Yulianita, M.S., Dr. Tresna Wiwitan, M.Si., Dr. Suci Nugraha, M.Psi., Psikolog., Temi Damayanthi, S.Psi., MA., Psikolog., Siska Nia Irasanti, drg., M.M., dan Akhmad Yusup, S.Sy., M.Sc.

Kegiatan ini meliputi kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan pertemuan dengan Atase Ketenagakerjaan KBRI Korea Selatan, dr. Yessi Kualasari, MKK, MKKK, untuk menjajaki peluang kerjasama di bidang pendidikan dan industri di Korea Selatan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan, konseling, dan penelitian bersama dengan berbagai komunitas Indonesia di Korea Selatan, seperti IPA-KR (Indonesian Professional Association in South Korea), Forkomasi (Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Indonesia), APIK (Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea), Mix Marriage Korea, Nahdatul Ulama (NU) di Korea Selatan; Multi Cultural Ansan Migrant’s Counselling Support Center, Ansan, Korea, dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Busan, Korea Selatan.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) dengan Ansan Migrant’s Counselling Support Center, Ansan, Korea Selatan; Jangkar Maritime Training Centre, Busan, Korea Selatan; New Bakso Garuda, Ansan, Korea Selatan, dan Warung Papi Mami, Busan, Korea Selatan, untuk kegiatan mahasiswa magang luar negeri, kegiatan guest lecture, pelatihan kesiapan menjadi tenaga kerja Korea, dan peluang pekerjaan di Korea Selatan.

Penyelenggaraan International Student Paper Competition dengan tema “Peran Pendidikan Tinggi melalui Tri Dharma dalam Membangun Sinergi Kemitraan Masyarakat di Korea Selatan,” yang melibatkan peserta dari 6 negara (Korea, Thailand, India, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia). Kegiatan ini juga didukung oleh Forkomasi Korea Selatan; Hatyai University, Thailand; Universiti Sains Islam Malaysia (USIM); MIT Pune University, India; dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali (Unissa), Brunei Darussalam.

Kegiatan ini juga melibatkan Kantor Urusan Internasional (KUI) Unisba yang telah menghasilkan empat Memorandum of Understanding (MoU) dan 55 Implemention Arrangement (IA), serta 44 IA lainnya yang masih proses. Berbagai peluang kerjasama dan kolaborasi luar negeri lainnya diharapkan memberikan manfaat dan barokah dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama bagi lulusan dan civitas akademika Universitas Islam Bandung (Unisba).***