Rabu, 22 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 1 Kalipucang sebagai Implementasi Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 1 Kalipucang sebagai Implementasi Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023/2024 SMP Negeri 1 Kalipucang telah dilaksanakan Senin, 16 Oktober 2023. Ajang pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini merupakan implementasi kurikulum merdeka pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi.

Suara demokrasi dalam kegiatan implementasi P5 dimaksudkan untuk mengajarkan peserta didik agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah maupun kondisi sebenarnya di lingkungan masyarkat atau dunia kerja.

Pesta demokrasi kali ini dilakukan dengan mode daring melalui website sekolah. Kegiatan pemilihan berlangsung di ruang multimedia. Sebelumnya, bertempat di masjid sekolah diadakan debat antar pasangan calon. Debat berlangsung meriah dengan berbagai pertanyaan dari audiensi yang semakin menunjukkan kemampuan komunikasi paslon.

Peserta didik menggunakan hak pilihnya untuk memilih pasangan calon pemimpin mereka selama satu tahun ke depan.  Sedangkan, yang menjadi calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 diambil dari peserta didik kelas VII dan VIII . Berikut nama calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024

  1. Langga Febriansyah (8C) dan Akcel Efandra Nofan (7I)
  2. Nazwa Putri (8C) dan Cinta Mechilla (7D)
  3. Davina Keyla (8G) dan M. Naufal Hilmi (7D)
  4. Alyn Al Denis (8B) dan Naysa Adhwa (7G)

Tahapan-tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai dari seleksi dan pemilihan calon ketua serta wakil ketua OSIS yang dipilih dari siswa kelas VII & VIII, yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan. Pasangan calon melakukan penyampaian visi dan misi secara langsung di masjid sekolah pada Jumat, 13 Oktober 2023. Selain itu juga seluruh pasangan calon melakukan debat terbuka. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif, dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS.

Dari hasil penghitungan suara tersebut telah dimenangkan pasangan calon nomor 4 atas nama Alyn Al Denis (8B) dan Naysa Adhwa (7G) dengan jumlah suara lebih dari 50%. Hasil tersebut menjadikan paslon nomor 4 secara otomatis menjadi ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 SMP Negeri 1 Kalipucang. (wlndr)