Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAN 1 Batu Mulai Pembiasaan “Gangsal Menit Basa Jawi”

SMAN 1 Batu Mulai Pembiasaan “Gangsal Menit Basa Jawi”

Batu, 30 Januari 2024

SMAN 1 Batu memulai pembiasaan Gangsal Menit Basa Jawi (Lima menit bahasa Jawa) sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dan guru di sekolah tersebut. Pembiasaan ini bertujuan untuk melestarikan bahasa Jawa di kalangan generasi muda. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa peserta didik dan guru. Pada pembiasaan tersebut, peserta didik dan guru diajak untuk menyanyikan lagu-lagu Jawa, membuat kutipan bahasa jawa, dan bercakap-cakap dalam bahasa Jawa. Pembiasaan ini berlangsung dengan penuh semangat dan antusias.

Kepala SMAN 1 Batu, Ritul Idha Djarwati., S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa pembiasaan ini akan terus dilaksanakan secara rutin. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa peserta didik dan guru sekaligus langkah kecil untuk melestarikan dan menyanyangi warisan bahasa dan budaya kita

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk melestarikan bahasa Jawa di kalangan generasi muda,” kata Ritul. Pembiasaan 5 menit bahasa Jawa ini disambut baik oleh peserta didik dan guru. Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin. “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa kami,” kata salah satu peserta didik SMAN 1 Batu.