Sabtu, 27 April 2024
Bimbingan Belajar

MTs Al-Ittihadiyah Goes to PLTA Koto Panjang

MTs Al-Ittihadiyah Goes to PLTA Koto Panjang

Kamis, (10/11) MTs Al-Ittihadiyah mengadakan kegiatan outdoor learning ke PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau. Kegiatan kali ini diikuti oleh siswa kelas VIII beserta guru pendampingnya. Tujuannya untuk penguatan materi pembelajaran dan menambah wawasan siswa.

Pada kesempatan ini siswa dapat belajar secara langsung mengenai kelistrikan, terkhusus bagaimana cara kerja dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pak Donny selaku pemandu kegiatan outdoor menjelaskan kepada siswa proses terbentuknya listrik, debit air, hingga seberapa besar tenaga turbin dan generator. Guru dan siswa ikut turun langsung untuk melihat cara kerja turbin dan generator. Salah seorang siswa mengaku sangat senang bisa melihat langsung proses kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). “Ana mendapat ilmu yang luar biasa dan Ana lebih memahami cara kerja pembangkit listrik ini.” ungkap Shofiyah kelas VIII-D MTs Al Ittihadiyah.

para siswa dan guru sedang berkeliling plta

Kegiatan ini juga menjadi praktek dari adab safar (bepergian jauh), bagaimana sikap siswa saat bepergian jauh. Selain itu, siswa dapat menuangkan ilmu yang didapat selama proses outdoor learning ke dalam bentuk laporan. Sehingga penerapan 3 pilar YKPI Al-Ittihad, yakni Al-Qur’an, Akhlaq, dan Prestasi terintegrasi dalam setiap kegiatannya. Semoga kegiatan outdoor learning ini dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan memotivasi siswa untuk terus menggali semua potensi yang dimiliki.(dilaMTs)