Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Safari Ramadan BAZNAS RI dan MUI Hadir di Masjid At-Taqwa UMJ

Safari Ramadan BAZNAS RI dan MUI Hadir di Masjid At-Taqwa UMJ

Masjid At-Taqwa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menerima kunjungan Syekh Hamzah Khaled Al Qawasimi dari Palestina dalam rangka Safari Ramadan, Sabtu (23/03/2024). Safari Ramadan yang mengusung tema “Membasuh Luka Palestina” ini adalah agenda yang digelar atas kerja sama dengan BAZNAS RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca juga : Iconz Ke-7, Forum Akademik Terbesar

Pada agenda itu, Syekh Hamzah memberikan tausyiah dan memimpin salat tarawih di Masjid At-Taqwa UMJ. Pada tausyiah yang dilaksanakan sebelum salat tarawih, Syekh Hamzah menceritakan kondisi Palestina yang diketahui selama enam bulan terakhir mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Zionis Israel.

Akibat serangan itu, rumah, masjid, sekolah, kampus dan pusat pemerintahan serta rumah sakit yang hancur termasuk rumah sakit yang dibangun Indonesia untuk warga Gaza.

Ia menuturkan bahwa kondisi terakhir di Gaza, Palestina, sangat memprihatinkan karena masyarakat kesulitan mendapat pasokan makanan dan minuman sehingga banyak yang wafat karena kelaparan.

Kurang lebih 35.000 orang wafat syahid dan 70.000 orang mengalami luka-luka, serta masih banyak kondisi yang belum diketahui karena tertimpa reruntuhan bangunan akibat pengeboman.

Syekh Hamzah mengatakan bahwa sebagai muslim, sudah sepatutnya memberikan pertolongan dan bantuan pada saudara yang terkena musibah. Penderitaan rakyat Palestina, tambahnya, adalah penderitaan seluruh umat muslim di dunia.

Umat muslim itu, dijelaskan Syekh Hamzah, bagaikan satu tubuh. Jika ada salah satu dari anggota badan yang sakit maka yang lain ikut merasakan sakit juga. Ia berharap umat muslim dapat turut berjihad dalam menolong Palestina dengan berbagai cara mulai dari mengirimkan doa, donasi, hingga turut memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel.

Dr. Adi Mansah, Lc., MA., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ yang turut hadir mendampingi Syekh Hamzah mengajak jamaah Masjid At-Taqwa UMJ untuk membantu sesama muslim di Palestina dengan mengirimkan donasi melalui BAZNAS RI.

Editor : Dian Fauzalia