Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Presiden dan Wapres BEM KBM UNIB Dilantik

Presiden dan Wapres BEM KBM UNIB Dilantik

PASANGAN Calon Nomor 2 yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Umum Raya secara elektronik (e-Voting) pada Jumat 23 Februari 2024 lalu, Ridhoan Parlaungan Hutasuhut dan Yoandha Audritama Ihza Kesuma, akhirnya resmi dilantik sebagai Presiden Mahasiswa (Presma) dan Wakil Presiden Mahasiswan (Wapresma) BEM KBM UNIB tahun 2024, Senin (25/3/2024).

Suasana ketika dimulainya acara pelantikan pengurus BEM KBM UNIB 2024.(foto:hms1)

Acara pelantikan dan pengucapan sumpah serta janji jabatan Presma dan Wapresma beserta para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bengkulu (BEM KBM UNIB) berlangsung hikmat di hall gedung Rektorat UNIB.

Pelantikan dilakukan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum.

Pengucapan Sumpah dan Janji Jabatan Presma dan Wapresma serta Pengurus BEM KBM UNIB.(foto:hms1)

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UNIB Ir. Titin Rahmawati, M.Si, Kepala Biro Umum dan Sumberdaya Drs. Jalaludin, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dari delapan fakultas selingkung UNIB, serta para undangan dari unsur pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), serta Presma dan Pengurus BEM KBM UNIB periode sebelumnya.

Pasangan Ridhoan Parlaungan Hutasuhut yang akrab disapa Ucok (Prodi Pendidikan Matematika FKIP) dan Yoandha Audritama Ihza Kesuma (Prodi Kehutanan FP) akan menjadi Presma dan Cawapresma yang memimpin 18.000-an mahasiswa UNIB hingga Desember 2024.

Wakil Rektor III Prof. Candra Irawan ketika menyampaikan kata sambutan.(foto:hms1)

Pada Pemira secara e-voting yang berlangsung tertib, lancar, dan demokratis, pasangan ini memperoleh 4.426 suara atau 69,61 %, jauh lebih unggul dari Paslon Nomor 1 Fadhil Rakhmad (Jurusan Akuntansi FEB) dan Devinta Rahma Vianti (Prodi Matematika FMIPA) yang hanya mendapat 39,39 % atau 1.932 suara dari total pemilih 6.358 orang.

Untuk menjalankan roda organisasi pasangan ini telah membentuk kabinet yang nama-nama dan jabatannya tercantum dalam Lampiran Keputusan Rektor Universitas Bengkulu Nomor : 1543/UN30/HK/2024 Tanggal 25 Maret 2024 Tentang Susunan Pengurus BEM KBM UNIB Tahun 2024. Adapun daftar nama-nama tersebut dapat dilihat pada bagian akhir berita ini.

Doa bersama usai acara pelantikan.(foto:hms1)

Usai melakukan pelantikan, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Prof. Candra Irawan, beserta para undangan memberikan ucapan selamat kepada Presma dan Wapresma serta para Pengurus BEM KBM UNIB yang dilantik. Acara ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dalam sambutannya, Prof. Candra Irawan mengatakan, acara pelantikan Presmi dan Wapresma serta Pengurus BEM KBM UNIB tahun ini sangat istimewa karena dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan. “Semoga kegiatan ini mendapat keberkahan dan para pengurus BEM yang dilantik dapat melaksanakan amanah dengan baik serta mendatangkan kesuksesan bagi kemajuan UNIB,” ujarnya.

Pemberian ucapan selamat kepada Presma dan Wapresma serta pengurus BEM KBM UNIB.(foto:hms1)

Pasca pelantikan ini, Presma dan Wapresma serta Pengurus BEM KBM UNIB lainnya diharapkan segera melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan dan segera berkoordinasi dengan Bagian Kemahasiswaan di Rektorat dan para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan di setiap fakultas untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas program.

“Kemudian, diharapkan para Pengurus BEM dapat melakukan pendampingan terhadap UKM-UKM yang ada di UNIB sehingga mereka juga dapat melaksanakan program kerja secara baik dan menghasilkan prestasi yang dapat meningkatkan IKU Universitas Bengkulu,” papar Prof. Candra Irawan.

Dalam memaknai hubungan antara BEM dan pihak Rektorat tambah Prof. Candra, pola pikir harus diubah, bukan lagi semata hubungan birkorasi, tetapi sebagai mitra kerja. Sebagai mitra tentu harus bergerak bersama dan jika ada hambatan dicari solusinya bersama-sama. “Dengan demikian, tidak ada yang namanya hambatan birkorasi untuk kelancaran suatu program kerja,” tuturnya, seraya berharap kepengurusan BEM KBM UNIB periode ini dapat bekerja maksimal dalam mendorong capaian target IKU UNIB khususnya di bidang prestasi mahasiswa.[Purna Herawan/Humas].

Sesi foto bersama usai acara pelantikan.(foto:hms1)

Daftar Pengurus BEM KBM UNIB 2024

No.NamaFakultasJabatan
1.Ridhoan Parlaungan HutasuhutFKIPPresiden Mahasiswa
2.Yoandha Audritama Ihza KesumaFPWakil Presiden Mahasiswa
3.Alfin SanjayaFHSekretaris I
4.Khlaudia Ayurolianita DoraFKIPSekretaris II
5.Devinta Rahma ViantiFMIPABendahara Kabinet
6.Resti ViolaFISIPKepala Biro Internal
7.Fikri Jaya SaputraFTMenteri Dalam Negeri
8.Fadhil RakhmadFEBMenteri Luar Negeri
9.Ajib Tri SaputraFMIPAMenteri Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa
10.Rezaky AdriansyahFKIPMenteri Politik dan Kajian Strategis
11.David Karnainsyah KhalicFISIPMenteri Sosial Masyarakat
12.Asma Nadia HarahapFHMenteri Pemberdayaan Perempuan
13.Siti Homsatul MaripahFEBMenteri Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan
14.Nur HabibahFHMenteri Pengembangan Kreativitas Mahasiswa
15.Mulyani NasutionFISIPMenteri Ekonomi dan Bisnis
16.Branzon Surya WijayaFKIPMenteri Lingkungan Hidup
17.Raisha Ghina InayahFTMenteri Media dan Informasi
18.RenaldiFMIPAMenteri Riset dan Pengembangan Mahasiswa