Sabtu, 11 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Pembelajaran yang Nyaman dan Efisien, UAD Upgrade Sistem E-Learning

Tingkatkan Pembelajaran yang Nyaman dan Efisien, UAD Upgrade Sistem E-Learning

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengupgrade sistem E-Learning UAD (Dok. Istimewa)

Untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi dosen dan mahasiswa, Departemen Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan upgrade pada sistem e-learning. E-Learning UAD merupakan sistem pembelajaran daring Universitas Ahmad Dahlan yang berbasis web. Sistem ini dibangun untuk menjawab tantangan pembelajaran yang dibatasi oleh ruang dan waktu, media belajar dan sumber belajar.

Farid Suyanto S.Pd., M.T., Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh, menegaskan tanggung jawab departemennya dalam mengelola platform e-learning di uad.ac.id yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa UAD. “Saat ini, kami sudah melakukan perbaikan pada desain antarmuka pengguna sistem e-learning yang sudah ada sebelumnya,” kata Suyanto.

Keputusan untuk melakukan upgrade ini diambil setelah melalui focus group discussion (FGD) yang melibatkan administrator e-learning sebelumnya, Biro Sistem Informasi, mahasiswa, dan ahli desain UI/UX. “Dalam diskusi tersebut, disimpulkan bahwa perbaikan yang signifikan diperlukan, terutama dalam desain antarmuka pengguna, untuk memastikan pengalaman belajar yang lebih lancar dan efisien,” tambahnya.

Lebih lanjut Suyanto memaparkan bahwa perbaikan utama mencakup pembenahan navigasi sistem, peningkatan responsivitas, peningkatan aksesibilitas dan kenyamanan pengguna dengan penambahan mode gelap, serta penataan ulang layout platform menjadi jauh lebih rapi dibandingkan versi sebelumnya. Tujuan utama dari upgrade ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan kemudahan penggunaan sistem, dengan fokus pada peningkatan adopsi e-learning di kalangan dosen untuk kegiatan mengajar mereka.

Sistem yang diperbarui ini juga menawarkan keunggulan baru, termasuk fungsionalitas manajemen kursus yang lebih efisien, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan.

Sementara itu, Suyanto mengatakan bahwa fitur-fitur yang tersedia tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu mencakup pengelolaan mata kuliah, materi kuliah dan konten yang dibutuhkan untuk perkuliahan, integrasi elemen multimedia seperti modul interaktif, simulasi, dan diskusi online, kuis, bank soal, hingga pengelolaan buku nilai yang dapat membantu mengetahui perkembangan mahasiswa.

Namun, dengan adanya upgrade ini, diharapkan kenyamanan pengguna dan kemudahan penggunaan sistem dapat meningkat, serta dapat meningkatkan jumlah pengguna dan mata kuliah yang dikelola. Diharapkan pula melalui perbaikan ini, UAD dapat terus bergerak maju dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang berkualitas dan mendukung perkembangan pendidikan di masa depan. (eka)

uad.ac.id