Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kesadaran Multikultural, Mahasiswa PPG SPs UM  Selenggarakan Kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global

Tingkatkan Kesadaran Multikultural, Mahasiswa PPG SPs UM  Selenggarakan Kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global
image_pdf
Kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global (WKG), 1- 4 April 2024

Salah satu upaya untuk memperkuat kesadaran multikultural dalam dunia pendidikan, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kegiatan Wawasan Kebhinekaan Global (WKG). Kegiatan dilaksanakan  pada  1- 4 April 2024, di Gedung PPG SPs UM A21. Melalui serangkaian kegiatan, peserta diajak untuk memahami pentingnya keberagaman dalam membangun harmoni sosial di Indonesia. Peserta sangat antusias mengikuti aktivitas didalamnya.

Kegiatan ini diikuti  sekitar 52 dosen dan peserta dari berbagai departemen di UM, antara lain Departemen Bahasa Indonesia, Bimbingan Konseling, Ilmu Pengetahuan Sosial, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn).

Melalui beragam kegiatan interaktif, peserta didorong untuk melihat keberagaman sebagai sumber kekuatan dan memperkaya pengalaman belajar. Mereka juga diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pandangan mereka sendiri, sehingga menciptakan ruang untuk dialog yang kaya dan membangun pemahaman yang lebih dalam.

Kegiatan ini tidak hanya memberi manfaat langsung bagi peserta dalam hal peningkatan pemahaman mereka tentang keberagaman, tetapi juga diharapkan dapat membekali mereka dengan keterampilan dan wawasan yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada kesetaraan.

Berbagai topik penting yang dibahas dalam kegiatan WKG ini, yaitu; Dunia yang Berwarna, Indonesia yang Harmoni, Damai Dimulai dari Diri, Sekolahku Bhineka, dan Sekolahku yang Damai. Melalui diskusi dan aktivitas yang menyenangkan, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya toleransi, kerjasama antarbudaya, serta membangun damai dari tingkat individu hingga institusi pendidikan.

Dengan keterlibatan lintas disiplin ilmu, kegiatan WKG ini berhasil menciptakan ruang dialog yang kaya akan perspektif. Melalui pertukaran gagasan dan pengalaman, diharapkan setiap peserta dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang inklusif, beragam, dan damai. Keberhasilan penyelenggaraan acara ini menunjukkan komitmen UM dalam mendukung pembangunan pendidikan yang berwawasan kebhinekaan global di Indonesia.

Kontributor Warta: Evania Yafie, S.Pd., M.Pd., Ph.D

Tim Pengembang PPG SPs UM