Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Unnes dan Siswa SMA Negeri 2 Slawi Kengembangkan Sistem Otomasi Pertanian dan Perikanan Terpadu

Mahasiswa Unnes dan Siswa SMA Negeri 2 Slawi Kengembangkan Sistem Otomasi Pertanian dan Perikanan Terpadu

Penggunaan sistem otomasi dalam pertanian dan perikanan yang saat ini masih serba terpisah membuat meningkatnya biaya tenaga kerja sehingga peningkatan daya saing pertanian dan perikanan secara nasional tidak terjadi, dan produk impor tetap tinggi.

Hal inilah yang membuat Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berinisiatif dalam mengembangkan Sistem Otomasi Pertanian dan Perikanan Terpadu. Tim Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNNES yang terdiri dari Nurul Hadi Mustofa (Prodi Pendidikan Teknik Elektro), dan Ahmad Fauzan (Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer) bekerja sama dengan siswa SMA Negeri 2 Slawi antara lain Surya Syaputra Alamsyah (Ketua Osis), Rafidah Nur Sa’adah (Wakil Ketua Osis), Mohamad Bagas Kusnaedi, Ramechy Anugrah Klinnovis, dan Wishnu Satriawan Abdillah.

Mereka dibimbing oleh Dosen Fakultas Teknik UNNES yakni Prof.Dr.Wirawan Sumbodo,M.T dan Risky Setiadi,S.Pd, M.T.

Alat yang berhasil dikembangkan ini memiliki sistem otomasi penyiraman tanaman dan pembesaran ikan dengan menggunakan sensor kelembaban. Alat yang beroperasi selama 24 jam ini diberi nama Sistem Penyiraman dan Pembesaran Ikan Terpadu (SIRANDU). Alat ini bekerja dengan mengimplementasikan sistem pertanian dan perikanan yang selama ini dilakukan terpisah dan dikerjakan secara manual memerlukan banyak tenaga kerja.

Peralatan model sistem otomasi Pertanian dan perikanan telah diserahakan oleh Prof.Dr.Wirawan Sumbodo, M.T yang juga selaku Dekan FT UNNES kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Slawi Ibu Siti Ati, M.Pd bersamaan dengan acara Temu Akbar Alumni SMA tersebut pada tanggal 14 April 2024 untuk dikembangkan lebih lanjut.

Ketua IKA SMAN 2 Slawi Dr.Joko Kurnianto, SKM,M.Kes menyambut baik kegiatan tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada UNNES yang telah mengimplementasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) untuk kemajuan bidang pertanian dan perikanan.

Proses uji coba alat sudah dilaksanakan pada 13 April 2024 di SMA Negeri 2 Slawi . Kegiatan uji coba diawali dengan pelatihan mengoperasikan sistem otomasi pertanian dan perikanan tersebut kepada siswa dan tenaga teknisi terpilih di SMA Negeri 2 Slawi.