Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

FIP UNIMED Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Sebagai Sarana Peningkatan Aakreditasi Jurnal

FIP UNIMED Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Sebagai Sarana Peningkatan Aakreditasi Jurnal

FIP – UNIMED selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal sebagai sarana percepatan akreditasi jurnal menuju Sinta 2. Acara yang dilaksanakan pada pukul 09.00 – 16.30 WIB dihadiri langsung oleh Dekan FIP UNIMED, Bapak Prof. Dr. Yusnadi, MS., Wakil Dekan I, Ibu Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D.,  dan Wakil Dekan II, Ibu Dr. Zuraida Lubis, M.Pd., Kons. ,bapak dan ibu Dosen serta mahasiswa pengelola Jurnal di Lingkungan FIP – UNIMED. Workshop ini merupakan rangkaian dari agenda Gugus Jurnal FIP yang nantinya akan berlangsung dari tanggal 8 – 19 September 2022. Adapun agenda Workshop yang dilakukan untuk membahas hal-hal mengenai pengelolaan jurnal diantaranya: (1) Teknis Workflow Publikasi Jurnal, (2) Desain Layout OJS, (3) Marketing Jurnal, (4) Subtansi Artikel, (5) Pendampingan Akreditasi Jurnal.

Pengelola Jurnal yang hadir mewakili dari masing-masing jurnal yang ada di lingkungan FIP – UNIMED diantaranya: Elementary School Journal (PGSD), School Education Journal (PGSD), Jurnal Handayani (PGSD), Jurnal Guru Kita (PGSD), Jurnal Sekolah (PGSD), Jurnal of Milennial Community (Penmas), Jurnal Education For All (Penmas), Jurnla Psikologi Konseling (BK), Jurnal Indonesia Counseling and Psychology (BK), Jurnal Alturuistik (BK), Jurnal Bunga Rampai Usia Emas (PGPAUD) dan Jurnal Usia Dini (PGPAUD). Untuk workshop hari pertama, kegiatan ini didampingi oleh Perwakilan Pengelola Jurnal Unimed yaitu Bapak Try Wahyu Purnomo, S.Pd., M.Pd (FIP) yang membawakan materi mengenai Workflow Publikasi artikel dan Bapak Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd. (FT) yang membawakan materi mengenai Desain Layout OJS.

Dalam sambutanya Dekan FIP UNIMED Prof. Dr. Yusnadi, MS. berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi pemantik dalam meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal yang ada di lingkungan FIP UNIMED, sehingga nantinya mendapatkan kenaikan peringkat SINTA. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa lingkungan FIP nantinya akan diwajibkan untuk menulis artikel dan mempublikasikannya pada jurna bereptuasi hal ini juga bermanfaat untuk menstimulus mahasiswa untuk menulis artikel yang berkualitas. Wakil Dekan I, Ibu Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat pentinguntuk terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga memberikan manfaat untuk mahasiswa, dosen maupun universitas. Terakhir Wakil Dekan II, Ibu Dr. Zuraida Lubis, M.Pd.Kons, menyatakan bahwa ada ada dua syarat jurnal untuk naik ke Sinta 2 dengan cara fokus pada kualitas artikel dan tata kelola yang baik.

Untuk kegiatan Workshop Selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2022 dengan Pemateri dari Bapak Muhammad Takwin Machmud, M.Ed (FIP) yang akan membahas mengenai strategi martketing jurnal , menjalin kerjasama dengan mitra bestari dan kolaborasi penulis dalam lingkup Internasional. Kegiatan workshop terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 19 September yang akan didampingi oleh  Dr. Agung Setia Batu Bara, S.Pi (FMIPA)yang akan membahas mengenai Substansi Artikel dan Bapak M Taufik Rahmadi, M.Sc (FIS) yang akan membahas mengenai strategi penyusunan borang akredtitasi jurnal. Gugus Pengelola Jurnal Di FIP Berkomitmen untuk bisa meningkatkan tata kelola jurnal sehingga nantinya dapat mendapatkan indeks jurnal berputasi dalam ruang lingkup Nasional maupun Internasional. (Humas Unimed)