Rabu, 22 Mei 2024
Sekolah Dasar

Akhir Yang Bukan Terakhir, In Sya Allah.

Dua pekan ini adalah pekan terakhir kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2019-2020. Banyak beragam kegaiatan dan program edukasi berjalan sepanjang tahun ajaran tentunya. Namun tahun ajaran kali sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya pandemi covid-19, mau tak mau KBM pun turut terdampak pelaksanaannya.

Harus terus berjalan, KBM tak boleh terhenti walaupun harus dengan penyesuaian sana sini, karena ia adalah hal mendasar dan penting bagi masa depan regenasi suatu bangsa.

Alhamdulillah atas taufik dari Allah Subhaana Wa ta’ala, kemudian keseriusan yang sungguh-sungguh dari para penyelenggara KBM, mujahadah  guru dan kerjasama yang apik serta mengagumkan dari sebagian besar wali kami, akhirnya kita mampu sampai pada penghujung KBM, yaitu pembagian laporan hasil belajar  sebagai bentuk data pencapaian untuk bahan evaluasi bersama.

Al hasil, Kegiatan pembagian laporan hasil belajar peserta didik pun dapat terlaksana. Unit KB dan TK Al Wahdah terlaksana pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 dan MI Al Wahdah Rabu, 24 Juni 2020 diberikan.

Pembagian laporan hasil belajar secara langsung masih dipandang penting ditempuh, dengan tentunya tetap memerhatikan protokol standar kesehatan pencegahan penanggulangan penyebaran covid-19. Kenapa? karena dalam sebuah KBM, ada saja nilai edukasi yang tidak bisa terwakili dengan narasi tulisan dalam kolom laporan hasil belajar tersebut, seperti perkembangan nilai-nilai hasil dari budaya kultural sekolah, perkembangan spiritual anak, perkembangan nilai sosial anak dll

Terimakasih kepada para orangtua, terselip doa jazaakumullahu khoira atas kerjasama yang spesial tahun ini, yang mana pastinya ada hikmah besar dan beragam yang bisa kita petik para kondisi edukasi di masa pandemi seperti ini.

Tapi yang jelas, kegiatan edukusai tak boleh berhenti sesulit apapun kondisinya. Ada sebuah ungkapan menarik berbunyi:

إِذَا مَا تُدْرَكُ كُلُّهُ لاَ تُتْرَكُ جُلُّهُ

Apabila tidak bisa dilaksanakan semua (maksimal), jangan sampai kita meninggalkannya secara keseluruhan. Olehnya, akhir dari KBM ini semoga bukan yang terakhir, tapi ia adalah anak tangga evaluasi guna memaksimalkan edukasi pada jenjang selanjutnya … aamiin. (AH)