Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMASA Gelar Festival Kebangsaan Memperingati Hari Sumpah Pemuda

SMASA Gelar Festival Kebangsaan Memperingati Hari Sumpah Pemuda

SMA Negeri 1 Situbondo menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda,  Kamis (28/10). Upacara tersebut sekaligus membuka gelaran Festival Kebangsaan yang berlangsung dari 28 Oktober – 10 November 2021.

Dalam sambutannya, Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd mengajak semua pihak tetap solid menjaga kebersamaan dan persatuan, serta khidmad dalam peringatan hari-hari besar nasional yang penuh muatan sejarah.

“Di hari Sumpah Pemuda ini saya mengajak anak-anak untuk bersatu. Karena Pemuda itu merupakan aset bangsa. Oleh karena jangan mudah diadu domba. Jangan mau dipecah-belah. Kita harus tetap bersatu untuk bangsa,” tutur Pak Nurhidayat.

Sementara itu Nur Khoirun Anani, S.Pd selaku Waka Kesiswaan SMASA menjelaskan bahwa diadakannya Festival Kebangsaan merupakan inisiatif untuk memperingati tiga hari besar nasional yakni Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa, dan Hari Pahlawan.

“Acara Festival Kebangsaan ini merupakan cara untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta melanjutkan perjuangannya terutama dalam hal mencerdaskan anak bangsa. Selanjutnya untuk siswa-siswi SMASA saya mengajak untuk meneladani jiwa patriot bangsa untuk melaksanakan dan melanjutan cita-cita para patriot bangsa,” ungkap Pak Roni, sapaan akrab Nur Khoiron.

Menyikapi acara Festival Kebangsaan, Pak Nurhidayat mengajak semua pihak menyukseskan acara tersebut sebagai bukti kebersamaan tetap terjaga.

“Mari semarakkan acara Festival Kebangsaan ini dengan kompak dan kolaboratif. Ini langkah kecil sebagai salah wujud cinta kita kepada bangsa ini,” ungkap Pak Nurhidayat.

Terakhir Pak Nurhidayat mengajak siswa SMASA untuk menjadi pribadi yang sadar literasi. Karena menurut beliau,kemajuan zaman harus terus disertai dengan kualitas literasi sehingga kritis menyikapi realitas dan tidak mudah termakan hoaks.  

“Mari sama-sama tingkatkan wawasan kita dengan literasi. Banyak membaca, menulis dan berbuat baik untuk sesama,” pungkasnya.

Penulis: Moh. Farhan, S.S.