Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Dies Natalis ke-30, Undiksha Bergerak Menjadi PT Unggul untuk Indonesia Tangguh

Dies Natalis ke-30, Undiksha Bergerak Menjadi PT Unggul untuk Indonesia Tangguh

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)memperingati dies natalis ke-30. Acara pembukaan berlangsung, Senin (16/1/2023) dan puncaknya pada, Rabu (25/1/2023). Peringatan tahunan ini dijadikan momentum untuk menggaungkan keharmonian untuk mewujudkan Undiksha Unggul untuk Indonesia Tangguh.

Pembukaan dies natalis ini diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh civitas akademika. Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada para dosen atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan jenjang Pascasarjana. Selain itu ada penghargaan untuk pada dosen purna bakti. Penghargaan tersebut diberikan atas pengabdian dan dedikasinya di Undiksha.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menyampaikan selama 30 tahun perjalanannya sejak bernama STKIP Singaraja pada tahun 1993, Undiksha sudah mengalami kemajuan yang signifikan, sudah banyak perubahan yang mendasar terjadi di Universitas ini. Mulai dari akademik yang penuh dengan prestasi, sampai pada lingkungan yang nyaman dan penuh keharmonisan. Kemajuan ini dinilai sebagai hasil kerja keras bersama civitas akademika.

Secara khusus Rektor Jampel menyampaikan capaian Undiksha pada tahun 2022, antara lain:

  1. Anugerah Dikti-Ristek dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yaitu: Gold Winner Anugerah Kerjasama Diktiristek kategori PTN-BLU Pertumbuhan IKU 6 Terbaik; Silver Winner Anugerah Kerjasama Diktiristek kategori PTN-BLU Kerjasama Internasional Terbaik; Silver Winner Anugerah Kelembagaan kategori Perguruan Tinggi Pelaksana Terbaik PKKM 2022 Liga 2; dan Penghargaan Terbaik dalam kategori Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebagai Perguruan Tinggi penerima mahasiswa terbanyak.
  2. Internasional Akreditasi. Dari 3 cluster yang sudah divisitasi, yaitu: Cluster Accounting & Management, Cluster Computer Science & Informatics Education, dan Cluster Language Education. Dua cluster hasilnya telah keluar, yaitu: Cluster Accounting & Management. Seluruh prodi (S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S2 Akuntansi, dan S2 Manajemen) memperoleh status “Terakreditasi Internasional Unconditional”, termasuk kategori Unggul. Cluster Computer Science & Informatics Education, seluruh prodi (S1 Sistem Informasi, S1 Ilmu Komputer, S1 Pendidikan Teknik Informatika, S2 Ilmu Komputer) memperoleh status “Terakreditasi Internasional with Conditional”. Terhadap hasil ini, Undiksha telah melakukan tindak lanjut terhadap hal yang menjadi rekomendasi dari panel expert untuk diajukan kembali.
  3. Dalam pemeringkatan webometrik, Undiksha berada pada peringkat 35 di Indonesia dan Peringkat 1 untuk universitas di Bali;
  1. Berdasarkan data pencapaian IKU Universitas Pendidikan Ganesha di tahun 2021, Undiksha berada pada urutan ke-8 dari 33 PT BLU;
  2. Tahun 2021 dan 2022, Undiksha berada di peringkat 11 nasional dalam pemeringkatan Scimago Institusional Rangking;
  3. Tahun 2020 – 2022, Undiksha mampu menambah 18 program studi terakreditasi A/Unggul. Total akreditasi A/Unggul yang kami miliki saat ini sejumlah 27 prodi (34%) dari 79 prodi yang dimiliki Undiksha;
  4. Tahun 2021 dan 2022, Undiksha mengirimkan 14 mahasiswa untuk mengikuti fast-track (3 2) program bekerjasama dengan Ming Chi University of Technology Taiwan, untuk memperoleh dua gelar (gelar sarjana dari Undiksha dan gelar magister dari MCUT Taiwan).

Selain prestasi-prestasi tersebut, mahasiswa Undiksha juga cukup banyak meraih prestasi dalam kompetisi nasional dan internasional. Dalam rangka pendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran,pada tahun 2022 Undiksha melakukan peningkatan sarana prasana. Hal tersebut tersebut ditunjukkan melalui pembangunan gedung kuliah di Kampus Singaraja dan Kampus UPP Denpasar.

Undiksha diinginkan bergerak lebih cepat. Diyakini, dengan kerja keras dan kebersamaan yang telah terbangun akan mampu membawa Undiksha menjadi salah satu universitas Unggul dan Berdaya Saing, dan diharapkan mampu menjadi Trend-Setter dan Internasional Reputable University. Tema dies kali ini “Undiksha Harmoni, Undiksha Unggul untuk Indonesia Tangguh”, diharapkan bisa menjadi pemecut dan motivasi bagi civitas akademika selalu berkarya lebih baik ke depan.

Walaupun tantangan yang sangat berat akan dihadapi ke depan, Rektor Jampel menyatakan civitas akademika harus selalu berusaha semaksimal mungkin, bekerja dengan hati yang hidup, niat yang tulus, dan komitmen yang tinggi.

Perayaan dies natalis kali ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Seiring dengan melandainya kasus Covid-19, berbagai kegiatan dilaksanakan secara luring, termasuk untuk lomba yang terdiri atas olahraga, seni, debat, karya ilmiah, dan sebagainya. Hal yang sangat spesial adalah Undiksha juga mengukuhkan 17 Guru Besar. (hms)