Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim ATOM Chem E-Car UB Raih Prestasi di Ajang Internasional

Tim ATOM Chem E-Car UB Raih Prestasi di Ajang Internasional
Tim ATOM Gardapati dan Mahameru
Tim ATOM Gardapati dan Mahameru

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. Kali ini, dua kelompok mahasiswa lintas departemen  di Fakultas Teknik membawa dua penghargaand alam ajang “Process Engineering and Energy Days 2023”. Kompetisi internasional ini diselenggarakan pada Jumat (10/3/2023) di Universitas Indonesia.

Menurut Eka Tarisa selaku perwakilan tim, proses persiapan tim ATOM Chem E-Car UB sudah dilakukan sejak lama. “Untuk konsep mobil sudah kami pikirkan sejak enam bulan lalu, pendaftarannya di bulan November, Jadi kira-kira benar-benar persiapan 1 sampai 2 bulan jelang lomba”, imbuhnya.

Di ajang ini, FT UB menurunkan dua tim pada cabang Chemical Engineering Car League (CIRCLE), yaitu ATOM Gardapati dan Atom Mahameru. ATOM Gardapati terdiri atas enam mahasiswa Teknik Kimia, yaitu Ivan Dwiharyo, Kevin Chandra, Sri Wahyuni, Rasyid Islami, Wahyu Diski, dan Farisyah Akmal. Sementara tim Mahameru  terdiri atas Gilang Romadon, Eka Tarisa, Luthfia Tsaqifaisha, Michael Saut, Aditya Risky, dan Naufal Imaduddin.

“Gardapati mengusung konsep mobil kimia berbasis pressure gas berbahan dasar Hidrogen Peroksida dan Kalium Iodida sebagai katalis serta memanfaatkan reaksi habis untuk menghentikan mobil. Sedangkan Mahameru mengembangkan prototype mobil kimia berbasis elektrokimia – Aluminium Air Battery menggunakan dry cell sebagai power source dan memanfaatkan reaksi degradasi pita magnesium sebagai stopping mechanism untuk menghentikan mobil”, jelasnya.

Persiapan Lomba
Persiapan Lomba

Di kompetisi ini, kedua tim harus menyelesaikan tantangan perlombaan prototipe mobil berbahan bakar reaksi kimia yang ramah lingkungan, dengan jarak dan beban tertentu. “Selain itu kami juga harus menyelesaikan challenge memasukkan bola dengan jarak 9m. Selain itu juga ada inspeksi protipe mobil dan presentasi”, ujar mahasiswi angkatan 2020 ini.

Berbekal konsep tersebut dan evaluasi – evaluasi dari trial yang telah dilakukan, kedua Tim ATOM akhirnya berhasil menjalankan challenge dengan baik dan meraih gelar 1st Runner Up dan 2nd Runner Up dalam CIRCLE 2023 dan menggaungkan kembali Jargon ATOM di atas podium. (eka/VQ)