Selasa, 30 April 2024
Bimbingan Belajar

Kunjungan syekh dari Palestina, Syekh Mahmud Kamil Asy-Syawisy,

Kunjungan syekh dari Palestina, Syekh Mahmud Kamil Asy-Syawisy,

Perguruan Islam Ar Risalah Padang mendapat kunjungan syekh dari Palestina, Syekh Mahmud Kamil Asy-Syawisy, Rabu (29/3/2023). Kedatangan syekh tersebut didampingi oleh tim dari Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), dalam rangkaian agenda safari Ramadhan.

Syaikh memberikan ceramah di hadapan para guru dan siswa selepas Shalat Zhuhur di Masjid Madinaturrisalah, Perguruan Islam Ar Risalah, seputar keutamaan Masjid Al Aqsha, dan berbagai dinamika yang terjadi sepanjang sejarah.

Syaikh meluruskan pemahaman yang berkembang bahwa Masjid Al Aqsha adalah tanggung jawab bangsa Palestina. Namun kenyataannya adalah merupakan milik umat Islam.

“Adalah salah besar jika Masjid Al Aqsha dikatakan hanya tanggung jawab bangsa Palestina. Ia adalah aset waqaf milik umat Islam,” ungkap Syaikh.

Ia mengungkap perjuangan rakyat Palestina terkini dalam mempertahankan masjid Al Aqsha dari caplokan penjajah.

“Setiap hari kami disana dipaksa untuk menjauhi dan meninggalkan masjid Al Aqsha. Bahkan pimpinan kami disana setiap tahun diberi pilihan antara meninggalkan Al Aqsha atau dipenjara,” terannya.

Ia juga mengungkap keteguhan bangsa Palestina mempertahankan Al Aqsha yang juga merupakan kewajiban seluruh umat Islam.

Gemuruh takbir hadirin memenuhi masjid Madinaturrisalah sepanjang acara. Siswa terlihat antusias mendengarkan ceramah yang disampaikan syekh dengan menggunakan bahasa Arab, dan diterjemahkan oleh Nizam Al Farisi, yang merupakan alumni angkatan ke – 10 MA Perguruan Islam Ar Risalah.