Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

SILATURAHMI PENGURUS BARU PERSATUAN KEBANGSAAN PELAJAR MALAYSIA INDONESIA (PKPMI) CAWANGAN JAMBI KE PIMPINAN KAMPUS

SILATURAHMI PENGURUS BARU PERSATUAN KEBANGSAAN PELAJAR MALAYSIA INDONESIA (PKPMI) CAWANGAN JAMBI KE PIMPINAN KAMPUS

Jambi, HUMAS UINSUTHA ~ Mahasiswa International UIN STS Jambi asal Malaysia bersilaturahmi dengan Pihak Pimpinan Kampus UIN STS Jambi. Mahasiswa international ini diterima oleh Wakil Rektor III, Bapak Dr.Bahrul Ulum, MA, Ketua dan Sekretaris International Office, dan Kepala dan Staff Bidang Kerjasama UIN STS Jambi. Bertempat di Ruang Meeting Lantai 2 Gedung Rektorat silaturahmi ini berjalan hikmat dan hangat. (31/03/2023)

Adapun tujuan silaturahmi ini ialah untuk memperkenalkan ketua dan para pengurus PKPMI Cabang Jambi yang baru serta memperkuat silaturahmi antara Mahasiswa Malaysia dan pimpinan UIN STS Jambi. Silaturahmi diawali dengan perkenalan yang dilakukan oleh Ketua PKPMI yang baru, Fakhrul Razi yang kemudian memperkenalkan pengurus-pengurus yang lain. Lalu dilanjutkan oleh Ketua International office dan Wakil Rektor III.

Wakil Rektor III, Dr. Bahrul Ulum, MA menyampaikan bahwa komunikasi yang intense sangat perlu dilakukan oleh mahasiswa international dengan pihak kampus. Tujuannya tidak lain ialah agar kampus tidak hanya dapat memberikan informasi, tapi juga memfasilitasi dan memberikan layanan yang maksimal kepada mahasiswa internasional yang menimba ilmu di kampus ini. Selain itu, agar pihak kampus dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan mahasiswa international. Oleh karena itu, mahasiswa international diminta untuk tidak merasa sungkan untuk berkonsultasi atau menyampaikan keluhan dengan pimpinan, baik melalui International Office, Bidang Kerjasama maupun langsung kepada Wakil Rektor III. Mahasiswa International juga diminta untuk memberikan informasi kepada pihak kampus terkait kegiatan-kegiatan diluar kampus, khususnya kegiatan-kegiatan diluar Kota Jambi. Beliau juga berharap agar silaturahmi seperti ini bisa terus diadakan secara berkala.

Ketua International Office, Bapak Dion Efrijum Ginanto, Ph.D berharap dengan kepengurusan yang baru, Mahasiswa International diharapkan dapat terlibat aktif dan berkonstribusi untuk bemboost jumlah mahasiswa international yang baru untuk berkuliah di UIN STS Jambi. Ia juga memberikan informasi bahwa tahun ini, insyaAllah International Office Bersama Pusat Kajian Melayu akan berkolaborasi bersama dalam kegiatan “Malay International Conference” yang mana diakhir rangkaian kegiatan konfrerensi tersebut akan diadakan ”Malay Cultural Night” yang direncanakan akan melibatkan Pemprov Jambi. Oleh karena itu, keterlibatan mahsiswa international dalam kegiatan Malay Cultural Night ini akan sangat diperlukan dan diapresiasi.

Sebagai penutup, Sekretaris International Office, Tira Mariana, M.Hum menambahkan kepada para pengurus PKMPI yang baru, bahwa keberhasilan sebuah organisasi terletak pada team-work yang solid dan komunikasi yang dibangun dalam organisasi tersebut, dan meminta mahasiswa international UIN STS Jambi agar dapat menyelaraskan program-program maupun kegiatan yang dilakukan bersama International Office.