Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Program Kampuas Merdeka Di ULM

Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Program Kampuas Merdeka Di ULM

Banjarmasin – Tim Program Kampus mengajar Bersama Direktorat Belmawa, Tim pelaksana Pusat Kampus Merdeka, serta Perwakilan Direktorat SD melakukan monitoring dan evaluasi Program kampus Mengajar 5 di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada, Selasa (23/5/2023). Monev ini dilaksanakan di Ruang Auditorium lantai 2 Rektorat ULM dan dihadiri oleh Wakil Rektor ULM, Koordinator MBKM, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Koordinator, DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), dan Mahasiswa Bimbingan.

Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap penugasan terkait program Kampus Mengajar yang sudah berlangsung selama 3,5 bulan dan untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi selama pelaksanaan program yang masih berlangsung sampai saat ini. Bagaimana kemudian kampus mengajar bisa menjadi bagian dari solusi dari tantangan yang dihadapi teman-teman dilapangan.

Dari pertemuan tersebut didapati salah satu kendala yang dihadapi adalah dalam hal alokasi pendanaan untuk program yang akan dijalankan mahasiswa maupun Dosen Pembimbing Lapangan di sekolah-sekolah yang sudah ditunjuk seperti program pojok literasi dimana program ini membutuhkan referensi buku dan dana lainnya untuk menyukseskan program seperti lomba-lomba literasi. Karena disadari penuh bahwa fokus dari kampus mengajar ini adalah literasi sehingga diharapkan program ini dapat menarik minat para siswa dalam rangka peningkatan kemampuan literasi mereka. Sejauh ini ULM telah melaksanakan program-program kampus mengajar dengan baik dengan bantuan dari perusahaan dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa ULM yang mengajukan proposal ke perusahaan tersebut.

Disamping itu, kondisi perpusatakaan yang tidak layak dan tidak ramah dari sisi bangunan maupun ketersediaan buku yang masih banyak tidak update. Sehingga membutuhkan bantuan perpustakaan daerah maupun nasional untuk difasilitasi beberapa buku yang sesuai dengan usia para siswa.

Kampus Mengajar sendiri merupakan kanal pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.