Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

“Persinggahan” Raih Juara 1 Lomba Film Pendek Pelangi Nusantara 2023

“Persinggahan” Raih Juara 1 Lomba Film Pendek Pelangi Nusantara 2023
Film Pendek "Persinggahan"
Film Pendek “Persinggahan”

“Persinggahan”, sebuah film pendek karya para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) berhasil menorehkan prestasi dengan membawa pulang Piala Wali Kota Malang sebagai predikat Juara 1 dalam Lomba Film Pendek Pelangi Nusantara 2023 yang bertemakan “Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan” pada kategori mahasiswa atau umum.

Dalam produksi film ini, Rachmad Samudera (Sastra Inggris, 2020) bertindak sebagai produser, dan Putri Savitri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2020) sebagai penulis naskah. Mereka tergabung dalam SPRD Production. Tim produksi ini mengusung genre Romance Comedy.

Dengan persiapan selama seminggu, mulai dari pra hingga pasca produksi, SPRD Production berhasil menyuguhkan sebuah film pendek berdurasi lima menit berjudul “Persinggahan” yang bisa diakses melalui YouTube dengan tautan https://www.youtube.com/watch?v=ZAO6JL8K1yo&t=9s

Rachmad dan Putri beserta Tim SPRD Production
Rachmad dan Putri beserta Tim SPRD Production

Film bertajuk “Persinggahan” ini menceritakan perjuangan seorang pemuda bernama Rama yang kini tidak mudah. Kehidupan asmara yang terguncang, memaksa Rama untuk mempersiapkan rasa kehilangan menyergap dirinya. Dengan sisa upaya yang ada, Rama bertekad memperbaiki kembali apa yang telah rusak. Dapatkah Rama sampai pada titik tujuannya? atau ia hanya sempat menikmati indahnya tempat persinggahan?

Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar perlombaan film pendek ini bagi para sineas muda di Kota Malang. Acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Malang ke-109. Perlombaan yang telah digelar sejak 1 April 2023 ini telah memasukki malam puncak dan pengumuman pemenang lomba pada Senin malam (22/5/2023), bertempat di Malang Creative Center.

Lomba yang dikategorikan bagi mahasiswa atau umum dan pelajar ini sukses menarik minat sineas muda Kota Malang. Terdapat puluhan peserta peserta baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang saling beradu karya dalam perlombaan ini. [dts/Humas UB]