Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Soft Launching: POMNAS XVIII Pertandingkan 16 Cabor

Soft Launching: POMNAS XVIII Pertandingkan 16 Cabor

Banjarmasin – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan soft launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 yang mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor) diikuti para atlet berasal dari perguruan tinggi seluruh provinsi di Indonesia di Halaman Rektorat ULM pada Selasa, (30/5/23). Acara ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan POMNAS XVIII yang akan digelar November mendatang. Kalimantan Selatan khususnya ULM dipercaya menjadi host untuk kedua kalinya setelah pada tahun 2007 juga menjadi host POMNAS.

Acara ini dihadiri oleh Rektor ULM Prof Ahmad, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, SE., M.Si , Kadispora Kalsel Hermansyah, Koperasi dan UKM,  Kepala Pusat Prestasi Nasional Hendarman, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Supmayadi, Sekjen pengurus Pusat BAPOMI Apri Yudianto, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Bidang SDM Husnul Khatimah dan lain lain

Rektor mengajak semua pihak dan masyarakat luas dapat mendukung suksesnya POMNAS yang mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah. Terlebih unsur perguruan tinggi di seluruh Kalsel yang semuanya terlibat baik dalam kepanitiaan maupun kontribusi mengirimkan mahasiswanya sebagai atlet mewakili kontingen Kalsel. “Mari kita bangun sinergi untuk bergerak bersama menyukseskan POMNAS yang menjadi barometer keberhasilan Kalsel menggelar event besar nasional di bidang olahraga,” ucap beliau.

Rektor ULM mengaku bangga bisa menjadi tuan rumah dalam gelaran ini. berharap dengan terselenggaranya gelaran ini di Kalsel ini bisa menjadi momentum strategi pengembangan program pembangunan Kalsel. “Ini kebanggan tersendiri bagi Kalsel sebagai tuan rumah. Semoga gelaran ini berjalan sukses,” Ucap Rektor. Kehadiran seluruh peserta Pomnas yang diperkirakan berjumlah 10 ribu orang di kalsel juga diyakini akan mendukung program pemerintah Provinsi Kalsel yakni suksesnya tahun kunjungan Kalsel. Hal ini juga tentunya akan meningkatkan perekonomian daerah khsusnya di bidang pariwisata dan UMKM.

Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hendarman dalam sambutan nya juga berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi serta ULM yang bersedia menerima estafet untuk pelaksanaan POMNAS ke XVIII. Beliau mengapresiasi kesiapan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalsel khususnya ULM sebagai tuan rumah pada gelaraan yang pada Bulan Juli Mendatang akan dilakasanakan Grand Launching. “Ini kesiapan ULM dan pemda luar biasa,” Ucap Beliau. Beliau juga mengapresiasi kesiapan Kalsel menggelar POMNAS sejak diputuskan pada tahun lalu ketika POMNAS ke-17 di Sumatera Barat. “Kami berharap Pak Gubernur Paman Birin bisa meyakinkan presiden untuk hadir membuka POMNAS tahun ini,” ucapnya.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) adalah ajang kompetisi olahraga tingkat nasional (antarprovinsi) bagi mahasiswa perguruan tinggi jenjang studi Diploma dan Sarjana di Indonesia yang diselenggarakan dua tahun sekali oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) selain di tingkat provinsi, ASEAN, dan dunia.

Diselenggarakannya POMNAS bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa, meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, dan lain sebagainya.

Nantinya, Sebanyak 16 cabang olahraga akan dipertandingkan di gelaran ini diantaranya atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket, dan bola voli pasir. Grand launching rencananya digelar pada bulan Juni mendatang.