Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

7 Tips Belajar Agar Sukses Ujian Nasional

7 Tips Belajar Agar Sukses Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) menjadi satu hal yang mungkin ditakuti sebagian Pelajar di Sekolah – sekolah di Indonesia, Baik itu SD, SMP/MTS, ataupun SMA/SMK apalagi Ujian Nasional kali ini berbeda dari Ujian Nasional di Tahun – tahun sebelumnya, Di tahun – tahun sebelumnya kita mungkin bisa sedikit Tenang pasalnya Ujian Nasional saat itu masih Menggunakan Kertas sebagai Medianya.

Sedangkan di Tahun – Tahun ini Lebih Tepatnya pada Tahun 2014/2015 pemerintah sudah mulai mencanangkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai media untuk mengukur kemampuan belajar siswa selain itu (UNBK) sendiri terbilang lebih Privasi dan terjaga Keamanannya serta dapat mengurangi terjadinya saling Contek – Menyontek atau tindak Kecurangan yang dilakukan para peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Oleh karena sebagai Pelajar yang Baik, sebagai Pelajar Yang Berkualitas anda harus memiliki persiapan saat menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) khususnya di Tahun 2019/2020 agar kelak anda mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan Ekspektasi anda.

Selain itu anda harus memikirkan Persiapan yang Tepat dan Tips – tips sukses Ujian Nasional sebagai bekal anda menghadapi Ujian Nasional yang akan anda hadapi nantinya, Mulailah dari sekarang berhenti membuat alasan yang tidak masuk di akal Berjuang untuk masa depan anda sendiri.

Tips Sukses Ujian Nasional (UN)


Sukses Ujian Nasional dengan Raihan Nilai Terbaik atau bahkan Sempurna adalah harapan dan cita – cita kita semua sebagai seorang Pelajar. Tapi sebagian besar peserta didik di Indonesia tidak memiliki Kepercayaan dan Usaha yang cukup untuk meraih Nilai Nilai Terbaik Ujian Nasional.

Bahkan jika dilihat pada umumnya sebagian peserta didik di Indonesia menggunakan Sistem Kebut Semalam atau Seharian (Maksudnya Belajar semua Mata Pelajaran sekaligus dalam satu waktu), pemikiran tersebut tidak seharusnya ada di dalam diri dan Menset para peserta Didik di Indonesia hal tersebut lah yang menjadi Faktor Kegagalan Utama para Peserta Ujian Nasional.

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional agar kelak mendapatkan nilai maksimal.

Doa dan Restu dari Orangtua


Tiada hal yang lebih Utama selain Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa karna hanya ia lah yang menentukan setiap Takdir Manusia, hanya ia lah yang bisa membolak balikkan Takdir jadi, meskipun anda Belajar seribu Tahun pun Jika Tuhan tidak merestui maka anda tidak akan menuai hasil yang baik.

Setelah itu anda juga harus meminta Doa Restu kepada Kedua Orangtua karna tanpa Jasa dan kasih sayang mereka anda tidak akan bisa sampai sejauh ini, yang kedua setelah orangtua adalah Guru anda jangan sampai anda menyakiti hati guru anda jika anda pernah melakukannya maka Meminta Maaf adalah jalan terbaik sebagai Tips sukses Ujian Nasional.

Pahami Materi Pelajari


Memahami materi pelajaran khususnya materi yang sebelumnya pernah diujikan di Ujian Nasional (UN) Tahun – tahun sebelumnya, carilah Referensi tentang Materi Ujian Nasional di Tahun – Tahun sebelumnya khususnya di Tahun lalu. Mencari Rangkuman dan Juga Kisi – Kisi Ujian Nasional, sehingga anda akan lebih mengenal materi – materi yang biasa diujikan.

Kenali Jenis Soal Ujian Nasional


Hal ketiga yang patut anda sadari adalah memahami dan mengamati Soal Ujian Nasional sebelumnya yang pernah di ujikan, Soal – Soal tersebut bisa menjadi referensi anda dan Pengalaman anda serta membuat anda terbiasa nantinya ketika mengerjakan soal – soal yang keluar pada Ujian Nasional (UN) sesungguhnya.

Mencoba Mengerjakan Soal – Soal


Ketika anda telah melewati tahap dimana anda telah memiliki Materi dan Referensi yang cukup maka anda harus mencoba mempraktekkan nya dengan cara mengerjakan Soal – Soal Tipe Ujian Nasional yang anda temukan baik di Buku, Internet ataupun Lembaran kertas dari Guru – guru pembimbing anda

Saat mengerjakan soal tersebut kondisikan dan bayangkan bahwa yang ada di depan anda adalah Soal Ujian Nasional yang sesungguhnya, sehingga akan tercipta suasana Keseriusan dalam mengerjakan soal tersebut.

Hal tersebut akan membuat anda terbiasa dan lebih mantap lagi nantinya ketika Hari dimana Ujian Nasional (UN) sesungguhnya telah menunggu anda

Menyelesaikan Soal Simulasi dengan Baik


Mungkin beberapa dari Peserta Ujian Nasional (UN) menganggap bahwa Soal seperti Tryout, Simulasi Ujian Nasional (UN) tidak penting atau bisa jadi mereka menyepelekan soal tersebut maka anda harus mengubah Mensed anda itu.

Kondisikan suasana belajar seolah – olah sedang mengerjakan Soal Ujian Nasional (UN) yang sesungguhnya kerjakan dalam rentang waktu 120 menit dan mulailah dari jawaban yang anda anggap paling mudah. Setelah ujian tersebut berakhir maka berusahalah untuk mengetahui nilai dan cek kesalahan anda agar anda dapat memperbaikinya

Menjaga Kesehatan Tubuh


Setiap aktivitas tidak akan berjalan dengan baik ketika anda merasa terganggu dengan kesehatan anda bahkan meskipun itu hanyalah sakit Gigi saya atau penyakit ringan lainnya hal tersebut membuat anda terganggu dan merasa tidak nyaman ketika mengerjakan soal Ujian Nasional (UN).

Istirahat dan Prepare sebelum Ujian Nasional


Berusahalah setidaknya sebelum atau dua hari sebelum hari H berlangsung anda memiliki cukup waktu untuk beristirahat, mungkin anda harus menyimpan tenaga anda untuk Ujian yang sesungguhnya nanti, Membaca buku boleh tapi hal tersebut hanya untuk mengingat apa yang sebelumnya telah anda pelajari di hari – hari lalu.

Istirahat dan Prepare sebelum Ujian Nasional


Berusahalah setidaknya sebelum atau dua hari sebelum hari H berlangsung anda memiliki cukup waktu untuk beristirahat, mungkin anda harus menyimpan tenaga anda untuk Ujian yang sesungguhnya nanti, Membaca buku boleh tapi hal tersebut hanya untuk mengingat apa yang sebelumnya telah anda pelajari di hari – hari lalu.

Posted By : Fajri Hidayat A.
Thanks To : www.javasiana.com