Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

30 Siswa SMASA Antusias Ikut Acara Kunjungan Museum Sumpah Pemuda

30 Siswa SMASA Antusias Ikut Acara Kunjungan Museum Sumpah Pemuda

Pengurus Museum Sumpah Pemuda mengadakan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk pelajar SMA. Acara berlangsung dua hari mulai 10-11 November 2021 secara virtual. Smasa melalui guru MGMP Sejarah mendaftarkan sebanyak 30 siswa. Pembukaan dilaksanakan pada hari Kamis pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya pada hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan virtual melalui zoom meeting. Panitia dan Pemateri mengunjungi Smasa secara virtual yang disambut dengan antusias oleh sejumlah siswa Smasa dari Ruang Lab 5.

Pada kunjungan tersebut, pemateri menyampaikan fakta-fakta baru terkait peristiwa dan tokoh yang berperan dalam peristiwa sumpah pemuda. Setelah itu peserta diberi waktu untuk bertanya terkait materi yang mungkin baru mereka dengar.

Terlihat banyak siswa yang sebenarnya tertarik pada sejarah sumpah pemuda ini.  Ada yang bertanya terkait bukti atau fakta sejarahnya, ada pula yang bertanya mengapa tokoh ini tidak ada dalam kurikulum pembelajaran dan masih banyak lagi.

Pada ujung acara ada kuis terkait materi untuk siswa. Ada 7 siswa yang mendapat hadiah baik dari segi keaktifan maupun ketangkasan menjawab kuis, yaitu diantaranya: 1. Handika Saputra 2. L. Aufa Albani 3. Renita salsabilla putri 4. Nabila Nur Fauziyyah 5. Natasya Meika Syahzarani 6. Alifia Taufikurrahma Indah 7. Rena Meilanie.

Kegiatan ditutup dengan kata-kata dari pemateri , “Pemuda sangat bisa untuk mengubah bangsa ini asalkan mereka mau.” Terakhir Pemateri menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini memang agar siswa mengerti bahwa banyak tokoh pemuda yang berperan dalam peristiwa sumpah pemuda hingga bisa membuat para siswa ini yang nantinya juga akan menjadi pemuda punya pandangan bagaimana seharusnya menjadi pemuda penerus bangsa.

Penulis: Rofi Setiawan, S.Pd | Editor: Moh. Farhan, S.S.