Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

2 Mahasiswa UNJA Terima Pin LEMHANAS, Lulus Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional

2 Mahasiswa UNJA Terima Pin LEMHANAS, Lulus Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional

JAKARTA,- Dua mahasiswa Prodi Manajemen FEB UniversItas Jambi (UNJA) terpilih menjadi perwakilan Jambi dalam kegiatan ‘Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV Tahun 2023’. Mereka adalah Juhari Volmer Sinaga dan Dhea Listiani (Angkatan 2020). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 – 16 Oktober 2023 di Jakarta.

PKPMN merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan berkolaborasi dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Sebanyak 1000 lebih pendaftar dari seluruh Indonesia melewati proses seleksi yang cukup ketat meliputi seleksi administrasi, tes CAT, dan wawancara. Lalu terpilihlah 100 pemuda/i dari latar belakang dan provinsi yang berbeda-beda, dengan Volmer dan Dhea di antaranya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan nilai-nilai kebangsaan, memperluas wawasan, dan pola pikir sebagai pemuda penerus bangsa serta menambah jejaring kuat terhadap sesama dalam setiap Provinsi.

Mereka juga melakukan beberapa kunjungan, seperti ke kantor KPK, DPR RI, MK, Museum Sumpah Pemuda, Monumen Nasional, Kantor Huawei, Gereja Katedral, dan Masjid Istiqlal. Serta diakhiri dengan kunjungan ke Kantor Kemenpora untuk menerima materi dari narasumber dari BPKP, Kemenparekraf, UNJ, dan Kominfo. Selain itu, mereka mendapatkan pendidikan dari Lemhannas RI.

Peserta PKPMN IV merupakan peserta Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan (TAPLAI) angkatan pertama yang mana mereka banyak diberikan wawasan ilmu dari para sejarawan dan para jenderal mengenai sejarah dan penguatan nilai dari 4 konsensus negara.

Juhari dan Dhea berharap melalui program ini dapat membagikan ilmu akan pentingnya peran pemuda sebagai penggerak pembangunan bangsa.

“Bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang didapat dari kegiatan kemenpora RI dan Lemhannas RI akan pentingnya pemuda sebagai sumber daya manusia sebagai penggerak pembangunan bangsa serta berencana membuat program pembangunan pemuda untuk Provinsi Jambi yang jika dilihat nilai IPP Provinsi Jambi di sub gender yang masih sangat rendah, yaitu tingginya presentase pernikahan di usia dini,” ungkap mereka.

Dari kegiatan tersebut, mereka memperoleh sertifikat dari Kemenpora RI dan Lemhannas RI serta pin kebanggaan Lemhannas.

Dr. Musnaini, S.E., M.M. selaku Kaprodi Manajemen berharap mahasiswa yang lain juga dapat mengikuti kegiatan serupa.

“Saya harap dengan 2 alumni PKPMN dari Universitas Jambi dapat memicu teman dan adik-adik mahasiswa yang lain dapat mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan yang sebagus ini adalah kegiatan tahunan,” tutur beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Yulia / HUMAS