Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM FEB UNJA Tingkatkan Sadar Wisata Masyarakat Kawasan Wisata Danau Sipin

Tim PKM FEB UNJA Tingkatkan Sadar Wisata Masyarakat Kawasan Wisata Danau Sipin

JAMBI,- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan lapangan dan pendampingan pengelolaan lingkungan guna meningkatkan sadar wisata masyarakat Kawasan Wisata Danau Sipin. Bertempat di Kelurahan Legok, Kota Jambi, pada bulan Juni – Oktober 2023.

Tim PKM FEB UNJA yang terdiri dari Ketua Pelaksana, Dr. Zulfanetti, S.E., M.Si., dan lima anggotanya yaitu Dr. Dra. Heriberta, M.E.; Parmadi, S.E.; Jaya Kususma Edy, S.E., M.Si.; dan Dr. Mukhzarudfa, S.E., M.Si. serta beberapa orang mahasiswa.

Kawasan Danau Sipin merupakan objek wisata di Kota Jambi. Danau Sipin juga merupakan peran penting perekonomian masyarakat di sekitar kawasan danau, mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan.

Dr. Zulfanetti, S.E., M.Si. bersama dengan tim berupaya untuk memberikan penyadaran akan pentingnya kebersihan kawasan wisata. Pengelolaan lingkungan yang terkait dengan pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah yang bertujuan untuk memilah dan memilih sampah sehingga masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan limbah sampah yang ada upaya menghasilkan manfaat ekonomi dan nilai jual.

Dr. Zulfanetti, S.E., M.Si. menyampaikan tujuan dan harapannya dari kegiatan ini.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan pelatihan lingkungan agar masyarakat memahami pentingnya menjaga lingkungan, mensosialisasikan pentingnya menjaga kawasan wisata air Danau Sipin,” ujar beliau.

“Harapannya kawasan Danau Sipin menjadi kawasan wisata ekonomi berkelanjutan sebagai tujuan wisata utama Kota Jambi sehingga daerah dan masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sipin mendapatkan banyak keuntungan dari objek wisata yang ada,” pungkas beliau.

Kegiatan pertama dari PKM ini adalah sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, serta menjelaskan terkait bagaimana mengolah limbah sampah menjadi pupuk kompos. Dilanjutkan dengan kegiatan gotong royong bersama masyarakat setempat.

Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pendampingan pengelolaan bank sampah melalui pembuatan pupuk kompos dan mendaur ulang sampah yang bisa dipakai, sehingga memiliki nilai guna dan nilai jual. Melalui Komunitas Peduli Danau Sipin Kota Jambi yang diketuai oleh Leni Haini, tim PKM FEB UNJA memberikan bantuan berupa peralatan pembuatan pupuk kompos.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Kaka / HUMAS