Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

ULM Sambut 96 Mahasiswa Inbound Dari 53 Perguruan Tinggi Program PMM Tahun 2024

ULM Sambut 96 Mahasiswa Inbound  Dari 53 Perguruan Tinggi Program PMM Tahun 2024

Banjarmasin – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar acara Penyambutan Pertukaran Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 dengan tema “Kokohkan Integritas, Kembangkan Wawasan Kebangsaan, Pererat Kebhinekaan, Persatuan, dan Nasionalisme” pada Selasa, (27/2/2024) Sebanyak 96 Mahasiswa  Inbound dari 53 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta memilih ULM sebagai tempat untuk mereka melaksanakan pengalaman belajar di luar kampus.

Hadir dalam acara Kepala program pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbudristek Asri Almira Putri, Koordinator Wilayah Pertukaran Mahasiwa Merdeka Untuk Universitas Lambung Mangkurat yang berhadir melalui Zoom meeting, Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH., Sekretaris Senat Dr. Ir. Zainal Abidin, M.P., Dosen Modul Nusantara, dan 96 mahasiwa Inbound serta Mahasiwa ULM.

Program Pertukaran mahasiswa menjadi salah satu  program prioritas dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menggunakan hak belajar di luar Perguruan Tinggi asal mereka. Melalui PMM diharapakan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan memiliki pemahaman tentang kebhinekaan  dan toleransi mahasiswa.

Program ini mendorong sebuah langkah transformasi dimana perguruan tinggi tidak hanya menjadi tempat belajar yang dibatasi oleh ruang kelas tetapi juga sebagai ruang pertemuan, ragam bahasa, budaya, dan juga tradisi agar bisa berjalan beriringan serta saling mengenal satu sama lain.

“Pembelajaran dan pengalaman yang akan teman-teman dapatkan dari Program PMM ini diharapkan dapat menjadi modal penting untuk membangun generasi yang tidak hanya siap menajdi pemimpin negeri tapi juga mampu menerima perbedaan dan siap melangkah untuk tumbuh bersama” ungkap perwakilan Koordinator PMM Kemendikbudristek dalam zoom meeting.

Di sisi lain, ULM  juga sangat mendukung jalannya program PMM dibawah naungan Wakil Rektor I ULM dengan memberikan dukungan dan bimbingan kepada tim pengelola program. Hal ini juga didukung oleh kontribusi Koordinator Prodi yang juga memiliki peranan penting dalam kesuksesan program. Sebanyak 96 mahasiswa Inbound sudah melaksanakan aktivitas Program PMM sejak 16 Februari kemarin. 23 diantaranya ditempatkan di Kampus Banjarbaru dan 73 lainnya ditempatkan di Kampus Banjarmasin yang dibimbing oleh Dosen Modul Nusantara yakni Muhammad Syahdan dari Fakulats Perikanan dan Ilmu Kelautan, Hafizianoor dari Fakultas Kehutanan, Mellanie Yuliastina dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  dan  Akhmad Riandi Agusta dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sesuai dengan tujuan dari dibentuknya program ini oleh kementerian yakni memperkuat wawasan kebangsaan dan rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme yang mereka miliki, maka dari itu, proses belajar tidak hanya dibatasi dalam ruang kelas. Berbagai macam program dan kegiatan di susun untuk mengisi kegiatan Mahasiswa Inbound selama keberadaan mereka di Banjarmasin satu semester kedepan. “Insya Allah kita (Mahasiswa Inbound) tidak hanya kuliah disini nanti juga mereka akan banyak belajar tentang kearifan lokal, khususnya kearifan di daerah di Kalimantan Selatan” Ucap Dr. Iwan.