Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Seminar Nasional Matematika dan Terapan III: “Inovasi Matematika, Statistika dan Terapannya dalam Membentuk Insan Cerdas Menyongsong Indonesia Emas 2045”

Seminar Nasional Matematika dan Terapan III: “Inovasi Matematika, Statistika dan Terapannya dalam Membentuk Insan Cerdas Menyongsong Indonesia Emas 2045”

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Dr. Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc hadir dan membuka kegiatan Seminar Nasional Matematika dan Terapan III (SEMNAS MANTAP III) 2024 di Rodhita Hotel Banjarbaru, Sabtu (24/2/2024). Kegiatan seminar yang bertema “Inovasi Matematika, Statistika dan Terapannya dalam Membentuk Insan Cerdas Menyongsong Indonesia Emas 2045”, merupakan Seminar Nasional ketiga yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA ULM bekerjasama Program Studi Statistika, HIMATIKA “Real” dan Himpunan Mahasiswa Statistika “Infinite”.

Hadir dalam seminar tiga pembicara utama dari Perguruan Tinggi dalam maupun luar negeri yaitu, Associate Professor Arief Gusnanto (Leeds University, United Kingdom), Profesor Dr. Yus Mochamad Cholily, M.Si (Universitas Muhammadiyah Malang), Profesor Dr. Moh. Ivan Azis, M.Sc. (Univesitas Hasanuddin, Makassar) dan empat pembicara undangan, Mohammad Reza Faisal, Ph.D. (Universitas Lambung Mangkurat), Dr. I Gede Adhitya Wisnu Wardhana, S.Si., M.Si. (Univesitas Mataram), Dr. Adhitya Ronnie Effendie, M.Sc. (Universitas Gadjah Mada), dan Dr. Moch Idris, M.Si. (Univesitas Lambung Mangkurat).  Seminar nasional ini diikuti oleh kalangan dosen, guru, peneliti, praktisi, alumni dan mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Di samping makalah utama, terdapat juga makalah-makalah yang disajikan pada sesi paralel.

Dr. Na’imah Hijriat, M.Si. selaku ketua panitia penyelenggara seminar mengucapkan terima kasih kepada IndoMS Kalimantan, KPA, Forstat, Universitas Palangkaraya, Univesitas Tanjungpura, Institut Teknologi Kalimantan, dan Universitas Borneo sebagai mitra kerjasama. Jurnal Barekeng,

Jurnal Statistika, Jurnal Epsilon, dan Jurnal Gaussian kami mengucapkan banyak terima kasih sebagai mitra publikasi. “Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada para sponsorship atas dukungannya dalam pelaksanaan seminar ini. Apresiasi yang setinggi-tingginya saya ucapkan kepada seluruh anggota panitia serta para mahasiswa yang telah bekerja keras secara ikhlas demi kelancaraan pelaksanaan seminar ini.” ucap Dr. Na’imah Hijriat, M.Si.

Beliau juga tidak lupa kami mohon maaf yang sebesar-besarnya bilamana dalam kami melayani

masih terdapat hal-hal yang kurang berkenan, baik pada waktu pendaftaran, pelaksanaan, maupun pelayanan pasca seminar. “Akhir kata, kami berharap semoga seminar ini memberikan sumbangan yang signifikan bagi kemajuan bangsa Indonesia, terutama dalam memajukan Matematika, Statistika beserta pendidikan Matematika. Selamat berseminar” tutup beliau.

Disamping penyampain materi narasumer utama, dalam seminar ini total 39 makalah dipresentasikan secara offline dan 56 makalah dipresntasikan secara online dengan ruang lingkup konferensi antara lain Aljabar dan penerapannya, Kecerdasan buatan, Dinamika fluida komputasi, Penambangan data, Sistem nonlinier dinamis, Matematika keuangan, Analisis matematis, Biologi matematika, Pendidikan Matematika, Pemodelan matematika, Fisika matematika, Metode dan analisis numerik, Riset operasi dan optimalisasi, Statistika dan penerapannya. Seminar ini juga didukung oleh berbagai jurnal yaitu, Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan (Sinta 2), Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) (Sinta 2), Epsilon: Jurnal Matematika Murni dan Terapan (Sinta 4), Jurnal Statistika (JSTAT) (Sinta 3) dan Jurnal Gaussian (Sinta 4)