Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

SNBP 2024: Untirta Masuk 10 Prodi Terketat Lewat Prodi Keperawatan dan Masuk Daftar 20 PTN Dengan Pelamar KIP Kuliah Lulus Terbanyak

SNBP 2024: Untirta Masuk 10 Prodi Terketat Lewat Prodi Keperawatan dan Masuk Daftar 20 PTN Dengan Pelamar KIP Kuliah Lulus Terbanyak

Serang – Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof. Ganefri mengumumkan 10 program studi terketat dan 20 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik dengan pelamar KIP Kuliah lulus terbanyak pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2024 melalui Konferensi Pers Hasil Seleksi Jalur SNBP Tahun 2024 yang disiarkan melalui YouTube dan Instagram pada Selasa, (26/3). Untirta masuk ke dalam daftar 10 program studi dengan keketatan tertinggi melalui prodi Keperawatan dan masuk urutan ke-16 sebagai PTN dengan pelamar KIP Kuliah lulus terbanyak pada SNBP Tahun 2024.

“Berikut merupakan program studi yang paling diminati oleh siswa tahun ini. Untuk masuk, seleksinya luar biasa ketat. Jumlah yang diterima dibandingkan yang mendaftar dilihat dalam persen, Untirta lewat prodi Keperawatan masuk urutan ke-10 dengan competitiveness-nya 1,56% atau dari 1.089 pendaftar hanya 17 orang yang diterima,” terang Ganefri.

Kemudian, saat menjelaskan mengenai 20 PTN Akademik dengan pelamar KIP Kuliah lulus terbanyak, Prof. Ganefri menyebutkan bahwa Untirta berada pada urutan 16 dengan total siswa diterima sebanyak 784 orang.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa kuota penerimaan SNBP tahun ini persentase minimumnya sebesar 20%, kemudian sebanyak 156.029 siswa akan lolos SNBP 2024. Selain itu, dipaparkan juga jumlah keterlibatan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terlibat, mulai dari 78 PTN Akademik, 44 PTN Vokasi, dan 25 PT Keagamaan Islam Negeri.

Prof. Ganefri turut menjelaskan bahwa Kemendikbudristek sudah memaksimalkan agar seluruh siswa se-Indonesia tidak ada yang dirugikan. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan memperpanjang masa registrasi akun untuk sekolah dan siswa, termasuk pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Segenap panitia penyelenggara sudah memaksimalkan segala cara agar seluruh siswa se-Indonesia tidak ada yang dirugikan, salah satunya dengan memperpanjang masa registrasi akun untuk siswa dan sekolah,” ujarnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris, selaku Direktur Jenderal Dikti Ristek, Dr. Ir. Kiki Yulianti, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Eduart Wolok, selaku Wakil Ketua II SNPMB, dan Rahmawati, selaku Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus arahan dari Dirjen Dikti Ristek, Prof. Haris yang menyampaikan mengenai apresiasinya kepada seluruh panitia penyelenggara yang sudah bekerja keras selama pelaksanaan SNBP 2024. Ia juga memberikan selamata kepada siswa yang berhasil lolos dan juga memberikan semangat kepada siswa yang belum lolos. Seluruh kerja keras panitia, siswa, hingga guru merupakan bentuk akselerasi potensi kebermanfaatan untuk masa depan.

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekera keras selama ini. Selamat bagi yang lolos dan tetap semangat bagi yang belum lolos,” ucapnya.

Kemudian, Dirjen Pendidikan Vokasi, Dr. Kiki juga menambahkan sambutan dengan memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru yang sudah bekerja keras melakukan penginputan data sekolah maupun siswa. Ia juga mengingatkan kepada seluruh tenaga pendidik agar jangan sampai melakukan penginputan data mendekati tenggat waktu yang ditentukan. Sebagai penutup, ia menyampaikan bahwa terdapat peningkatan partisipasi masyarakat untuk masuk perguruan tinggi dan hal ini harus dipertahankan kedepannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pihak panitia SNPMB dengan wartawan media massa. Untuk pengumuman hasil SNBP Tahun 2024 dapat diakses hari ini, Selasa (26/3/2024) melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id maupun 38 laman mirror, salah satunya yakni https://snbp.untirta.ac.id. (AB/IHS/AAP)