Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

MOU DAN MOA ANTARA UNJ DAN UINSU MEDAN UNTUK PENGEMBANGAN TRIDARMA PERGURUAN TINGGI

MOU DAN MOA ANTARA UNJ DAN UINSU MEDAN UNTUK PENGEMBANGAN TRIDARMA PERGURUAN TINGGI

Humas UNJ, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan melaksanakan acara penandatanganan nota kesepahaman pada Kamis, 28 Maret 2024 bertempat di Ruang VIP Gedung Rektorat Lantai Dasar.

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini dihadiri oleh Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ, Prof. Nurhayati selaku Rektor UINSU Medan, para Wakil Rektor UNJ, Prof. Muzakkir selaku Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Ketua LP2M, Ketua LP3M, Prof. Tien Rafida selaku Dekan FITK UINSU Medan, Dekan FIP UNJ, Kadiv Peliputan dan Pemberitaan Kantor Humas IP.

Prof. Nurhayati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas penerimaannya yang baik kepada UINSA Medan. Pada tahun 2014, keluar Perpres No. 131, IAIN Sumatera Utara beralih status menjadi UINSA Medan. Setelah alih status tersebut, semula IAIN Sumatera Utara memiliki 5 Fakultas antara lain Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ada penambahan 3 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial. Melihat dari UNJ yang memiliki 115 prodi, membuat UINSU Medan ingin melakukan pengembangan pembukaan prodi baru.

Rektor UINSU Medan mengatakan penandatanganan nota kesepahaman menjadi hal yang luar biasa bagi UINSU Medan, karena akan meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan, penguatan kolaborasi dalam penelitian, serta dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, UINSU Medan berharap kedepannya akan ada kerjasama, kolaborasi dan pelatihan yang lebih banyak dengan UNJ. Ia juga menyampaikan akan ada MoA antara Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UINSU Medan.

Prof. Komarudin menyampaikan kerjasama ini secara umum dituangkan ke dalam MoU, kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kekuatan UNJ dalam bidang tersebut yaitu pada pembelajaran, perkuliahan, dan juga dosen-dosen UNJ yang menjadi tenaga ahli di Kementerian. Selain itu, UNJ juga memiliki kekuatan pada publikasinya. Publikasi UNJ saat ini sudah memasuki cluster mandiri dan termasuk HKI yang juga menjadi 4 besar nasional. Rektor menyampaikan terima kasih karena telah memilih UNJ untuk bekerjasama.

Acara dilanjutkan dengan penandatanagan nota kesepahaman, penyerahan plakat dan bingkisan serta penandatanganan MoA yang dilakukan di Gedung FIP UNJ.