Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

SISWI MTSN KOTA CIMAHI TETAP BERPRESTASI DI MASA PANDEMI

Helena Desty Azkia, begitu nama le

HELENA DESTY AZKIA
Juara 3 Olimpiiade Matematika Tingkat Nasional

ngkap siswa MTsN Kota Cimahi kelas 8 ini dipanggil. Saat ini  telah berhasil menjuarai Olimpiade Matematika tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Gamma Multiple Competion (GMC) yang beralamat di Sawangan Depok pada 23 Januari 2022 lalu dengan raihan prestasi yang luar biasa membanggakan sebagai juara 3.

Walau sempat menolak karena tidak yakin untuk ikut lomba, akhirnya putri bungsu dari pasangan Ibu Irma Nilawati dan Bapak Uup P. Wahyu ini memberanikan diri untuk mengikuti olimpiade. “Awalnya Helena tidak mau dan menolak tapi saudara Helena ngajak dan Helena mau, awalnya juga Helena tidak yakin kalau bisa menang tetapi ternyata Helena memenangkan juara 3 dan soal matematikanya kebanyakan soal kelas 9 bukan kelas 8”. Imbuh siswi kelas 8 I ini dengan wajah berseri.

Ketika ditanya kendala yang dihadapi dalam mengikuti olimpiade tersebut, siswa MTsN Kota Cimahi yang lahir 13 tahun lalu ini menuturkan bahwa perolehan prestasi yang membanggakan tersebut diraih setelah berlatih keras dengan mengikuti arahan dari pembimbing berikut segala kendala yang dihadapinya. “Kendalanya ada di soal, Pak, karena ada beberapa soal yang tidak ada di kisi-kisi olimpiade yang diberikan guru les” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M. Pd. menyampaikan rasa bangga dan apresiasi untuk Helena, “Untuk mencapai sebuah prestasi tentu tidak mudah dan pasti penuh tantangan, namun bukan berarti tidak mungkin asal tetap semangat menjalaninya. Setiap orang ingin berprestasi. Dengan berprestasi kamu bisa membuktikan pada dirimu dan orang-orang di sekitarmu bahwa kamu telah melakukan hal terbaik dengan segala kerja keras dan pengorbanan. Untuk mencapai sebuah prestasi tentu saja tidak mudah dan pasti penuh tantangan. Kamu harus mengorbankan waktu senggang, uang, dan mencurahkan segala fokusmu untuk mencapai prestasi tersebut. Ketika tengah berproses terkadang rasa bosan atau lelah akan muncul, apabila dibiarkan hal tersebut bisa mengganggu semangatmu”.

Kepala MTsN Kota Cimahi juga menambahkan, “Ibu ingin memberikan motivasi khususnya untuk Helena sang Juara dan umumnya untuk seluruh siswa/i MTsN Kota Cimahi, jangan berhenti ketika apa yang kamu targetkan belum kamu dapatkan, dan ingat selalu pesan dari Pak BJ Habibie bahwa ‘keberhasilan bukanlah milik orang pintar, namun keberhasilan itu adalah milik mereka yang senantiasa berusaha’. Semua orang punya peluang untuk berprestasi sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing, seberat apa pun tantangannya, siapkan dirimu dengan niat dan tekad yang kuat. Selamat untuk Helena, Ibu dan seluruh jajaran MTsN Kota Cimahi sangat bangga dan akan terus memberikan dukungan penuh untuk prestasi berikutnya.” pungkasnya.

Berprestasi bagi para pembelajar merupakan dambaan walau tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seiring dengan tumbuhnya kepercayaan diri dan motivasi belajar yang tinggi, berprestai bagi para pembelajar di sekolah/ madrasah bukan merupakan hal yang mustahil. Semoga. (wh)

Tim Kehumasan MTsN Kota Cimahi